Ini Dua Jenis Kendaraan Andalan Bluebird Turunkan Emisi Karbon

Bluebird
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Jakarta – Di sepanjang tahun 2023, Bluebird telah mengurangi emisi karbon sebanyak 27 ribu ton. Hal ini disumbangkan oleh dua jenis kendaraan Bluebird, yaitu taksi listrik dan armada CNG (Compressed Natural Gas).

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Tercatat, Bluebird telah mengoperasikan lebih dari 200 armada listrik, yang telah mengurangi hingga 2.600 ton emisi karbon dan 3.200 armada CNG atau kendaraan dengan bahan bakar gas, yang mampu menurunkan emisi karbon sebanyak 24.800 ton.

Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Utama PT Blue Bird Tbk mengungkapkan pihaknya terus berkomitmen dalam pengurangan emisi karbon dan limbah operasional hingga 50 persen pada tahun 2030. Hal ini tercakup dalam Visi Keberlanjutan 50:30.

Bluebird Releases New Service for Elderly Convenience

"Dengan Visi Keberlanjutan 50:30, kami telah mencatatkan capaian positif dalam perbaikan lingkungan, peningkatan kesejahteraan masyarakat ataupun tata kelola perusahaan," ujar Adrianto atau akrab dipanggil Andre di Jakarta, dikutip VIVA Otomotif.

Acara media gathering Bluebird

Photo :
  • VIVA/Arianti Widya
Bluebird Hadirkan Layanan Baru, Pakai Toyota Voxy

Andre juga mengatakan Bluebird juga telah menerapkan program 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

"Di mana program 3R ini mewajibkan pengemudi dan karyawan menggunakan botol minum isi ulang dengan proyeksi pengurangan sampah plastik sekali pakai hingga 1 juta ton selama tahun 2023," katanya. 

Lebih lanjut, Andre menyampaikan pihak Bluebird telah melakukan berbagai inisiatif melalui tiga pilar utama yaitu BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps untuk mencapai Visi Keberlanjutan 50:30.

"Armada listrik dan CNG, serta penggunaan panel surya sebagai alternatif energi bersih termasuk ke dalam pilar BlueSky," tuturnya. 

Sementara untuk BlueLife, Bluebird telah membantu meningkatkan akses pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada lebih dari 38.000 anak pengemudi berprestasi dan memberdayakan lebih dari 1.000 istri dan putri pengemudi melalui program Kartini Bluebird. 

Selain itu, Bluebird juga terus meningkatkan rasio pengemudi dan karyawan perempuan hingga lebih dari 500 orang, serta menggandeng pengusaha taksi lokal di Bandung dan Yogyakarta dengan mengoperasikan lebih dari 100 armada agar bisa bangkit dan terus tumbuh.

Untuk pilar BlueCorps, selain menjalankan tata kelola perusahaan yang baik melalui transparansi dan akuntabilitas, Bluebird juga selalu meningkatkan kualitas pengelolaan bengkel hingga mendapatkan sertifikasi kelas A.

Komitmen Bluebird tersebut mendapatkan pengakuan publik melalui penghargaan yang diterima dari berbagai organisasi terpercaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya