VinFast Membawa Revolusi Kendaraan Listrik ke Indonesia

Pabrik Vinfast di Vietnam
Sumber :
  • Dok: Vinfast

Jakarta, 13 Februari 2024 – Perusahaan otomotif Vietnam, Vinfast mengumumkan rencana ambisius untuk memasuki pasar Indonesia. Mereka akan membangun pabrik canggih di tanah air, dengan kapasitas produksi 30.000 hingga 50.000 kendaraan per tahun.

VKTR Cetak Pendapatan Rp 205 Miliar Kuartal I-2024

Pabrik VinFast di Haiphong, Vietnam, merupakan contoh dari teknologi mutakhir dan manufaktur cerdas. Pabrik ini dibangun dalam waktu kurang dari setahun dan memiliki tingkat otomatisasi 98 persen, menjadikannya yang tertinggi di Asia Tenggara.

Pabrik ini memanfaatkan teknologi Industri 4.0 untuk menghasilkan analisis manufaktur berbasis data secara real-time, memungkinkan VinFast untuk memproduksi kendaraan berkualitas tinggi dengan efisiensi yang luar biasa.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi, kompleks manufaktur Haiphong VinFast menawarkan wawasan tentang masa depan industri otomotif.

Pabrik Vinfast di Vietnam

Photo :
  • Dok: Vinfast
Aturan Impor Produk Elektronik Buka Peluang Industri Lokal Jadi Raja di Negeri Sendiri

Proses produksi di pabrik ini terotomatisasi dan terintegrasi, mulai dari Press Shop yang mengubah gulungan logam menjadi kerangka kendaraan, Body Shop yang menggunakan 1.200 robot ABB untuk pengelasan presisi, hingga General Assembly Shop yang menggunakan konveyor dan kendaraan tanpa pengemudi.

Pabrik ini juga memiliki Battery Pack Shop yang canggih dengan tingkat otomatisasi 75 persen. Di sini, baterai lithium-ion diproduksi dengan kontrol kualitas yang ketat untuk memastikan kinerja dan keamanan yang luar biasa.

VinFast mengatakan, bahwa mereka berkomitmen untuk menggunakan teknologi mutakhir dan berkelanjutan dalam semua aspek operasinya.

Kehadiran VinFast di Indonesia menunjukkan bahwa teknologi mutakhir, desain inovatif, dan fokus pada keberlanjutan dapat membuka jalan menuju masa depan yang lebih hijau.

Pabrik VinFast di Haiphong merupakan bukti nyata dari komitmen perusahaan terhadap kendaraan listrik dan masa depan yang lebih ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya