Buka Pameran GIICOMVEC 2024, Menteri Perindustrian Tekankan Hal Ini

Modifikasi Daihatsu di pameran GIICOMVEC 2024
Sumber :
  • Dok: ADM

Jakarta – Pameran kendaraan komersial terbesar se Asia Tenggara, Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 resmi dibuka hari ini, 8 Maret 2024 di JCC Senayan, Jakarta.

Heboh Biskuit Keping Langka Bakal Hadir di Indonesia, Yuk Kenalan Sama Karakter Mew dari Pokemon

Acara yang berlangsung dari 7-
10 Maret 2024 ini dibuka oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan positif karena dukungan dari industri otomotif.

Indonesia ke Perempat Final Thomas Cup, Begini Kata Chico Aura Dwi Wardoyo

"Tahun 2023, perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan positif 5,05 persen didukung oleh sektor industri alat transportasi," ujar Menteri Agus saat membuka pameran GIICOMVEC, di JCC Senayan, Jakarta, dikutip VIVA Otomotif.

Pembukaan GIICOMVEC 2024

Photo :
  • Arianti Widya
Siswa MTsN 1 Pati Sabet Emas dan Perak Olimpiade Matematika Internasional di Thailand

Kemudian, industri otomotif berhasil menunjukkan ekspansi sebesar 54,50 persen.

"Bulan lalu, juga terlihat cukup baik. Ekspansi sangat sehat pada titik 52,7 poin. Diketahui hanya dua negara yang mampu ekspansi dua bulan berturut-turut, yaitu Indonesia dan India," jelas Menperin.

Menperin pun menyampaikan bila industri kendaraan niaga mampu bangkit kembali dengan mencatat produksi sebesar 215 ribu unit dan penjualan domestik sebesar 205 ribu unit. Tetapi berdasarkan data untuk double cabin, seluruhnya masih impor dari negara Thailand dengan catatan rata-rata 25 ribu unit per tahun.

"Saya merasa aneh untuk hal ini, catatan untuk prinsipal (produsen otomotif) masih menjadikan Thailand sebagai basis produksi untuk kendaraan double cabin. Dengan alasan, salah satunya permintaan double cabin Thailand lebih tinggi domestik. Maka dari itu, dalam kesempatan ini, saya ingin mengajak prinsipal evaluasi kembali pemikiran tersebut," tegas Menteri Agus.

Agus menambahkan, mungkin hal ini bisa terjadi karena ekonomi Thailand lebih besar dari Indonesia secara umum.

Ia pun menyampaikan bahwa demand kendaraan komersial atau niaga di Indonesia seharusnya bisa lebih meningkat, bahkan lebih tinggi dari Thailand.

"Ini menjadi perhatian khusus untuk prinsipal," tuturnya.

Lebih lanjut, dalam sambutannya, Menperin turut mengapresiasi Gaikindo karena terus menunjukkan komitmennya dalam menumbuhkan industri otomotif, khususnya kendaraan niaga.

"Gaikindo terus menunjukkan komitmennya sebagai mitra yang handal dan kredibel dalam menumbuhkan industri otomotif Tanah Air, khususnya dengan adanya ajang GIICOMVEC ini," kata Menteri Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo mengungkapkan pameran kendaraan niaga ini akan berusaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Pameran ini dirancang sebagai sebuah ajang pameran Business to Business (B2B), dengan target kehadiran 10.000 pengunjung pelaku bisnis, kami juga buka kesempatan networking untuk membentuk strategi membangun pasar,” kata Nangoi.

Tidak hanya menampilkan kendaraan komersial, GIICOMVEC 2024 turut menjadi tempat sosialisasi tentang isu keselamatan dan regulasi di industri kendaraan niaga.

“Gaikindo dengan Kemenperin, Kemenhub dan dukungan delapan asosiasi terkait kendaraan komersial akan melangsungkan beragam program edukatif,” tutup Nangoi.

Sebagai informasi, GIICOMVEC 2024 dibuka pukul 10.00 WIB sampai 18.00 WIB untuk para pelaku bisnis.

Sementara, masyarakat umum bisa datang di hari terakhir yakni 10 Maret 2024 mulai 10.00 WIB – 16.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya