Walau Tampil Melempem, Fabio Quartararo Resmi Perpanjang Kontrak dengan Yamaha

Pembalap Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo
Sumber :
  • Twitter: YamahaMotoGP

Jakarta, 6 April 2024 –  Di tengah performanya yang melempem bersama Yamaha, namun Fabio Quartararo tetap memutuskan untuk bertahan dengan pabrikan asal Jepang tersebut di ajang MotoGP. Pembalap asal Prancis itu akan mengendarai motor Yamaha YZR-M1  hingga akhir musim 2026.

Pujian untuk Penampilan Ganas Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Perpanjangan kontrak ini sekaligus mematahkan rumor El Diablo bakal pergi di musim depan. Sebab, belakangan Quartararo dikaitkan dengan Aprilia.

Tapi kini, Quarataro memilih bertahan hingga dua musim ke depan karena ada komitmen yang kuat dari tim berlambang garpu tala tersebut. Komitmen tersebut utamanya berkaitan dengan pengembangan motor yang berkelanjutan.

Tiket MotoGP Indonesia 2024 Sudah Bisa Dibeli, Harga Mulai Rp350 Ribu

"Dengan senang hati Yamaha Motor Co., Ltd. mengumumkan Fabio Quartararo sebagai pebalap Pabrikan Yamaha untuk musim MotoGP 2025 dan 2026," bunyi pernyataan Yamaha dalam keterangan resminya, dikutip VIVA Otomotif, Sabtu 6 April 2024.

"Keputusannya untuk 'bertahan bersama tim biru' dipengaruhi positif oleh komitmen kuat Yamaha untuk kembali ke jalur kemenangan dengan pengembangan YZR-M1 yang berkelanjutan," lanjutnya.

Seolah Balaskan Dendamnya, Valentino Rossi Bahagia Pecco Bagnaia Kalahkan Marc Marquez

Quartararo sukses merebut gelar juara dunia MotoGP bersama Yamaha pada 2021. Akan tetapi, di musim berikutnya hanya mampu finis di peringkat kedua dan kalah dari Francesco Bagnaia yang membela Ducati.

Hingga kini, tercatat Quartararo telah meraih delapan kemenangan dan 21 podium bersama Yamaha. Selain itu, dia juga sukses mencatatkan 16 kali pole position. 

Sayangnya, performa Quartarao seolah melempem sejak musim lalu hingga seri-seri awal musim ini. Walau begitu, pembalap berusi 24 tahun tersebut menyatakan siap untuk kembali menorehkan hasil apik bersama Yamaha.

Fabio Quartararo bersama Lin Jarvis

Photo :
  • Twitter: YamahaMotoGP

"Saya sangat senang mengumumkan bahwa saya akan melanjutkan petualangan saya di tim biru! Musim dingin lalu Yamaha membuktikan kepada saya bahwa mereka memiliki pendekatan baru dan pola pikir yang agresif. Keyakinan saya tinggi: kami akan kembali ke jalur juara bersama-sama!" kata Quartararo.

Sementara Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing merasa bangga bisa mengamankan jasa Quartararo untuk dua musim ke depan. Dia berjanji akan memberikan motor yang lebih kompetitif untuk Quartararo.

"Mempertahankan Fabio sebagai pembalap tim pabrikan merupakan bagian integral dari proyek Yamaha. Fabio punya talenta luar biasa, pekerja keras, tim yang hebat, dan dia memiliki kesempatan untuk tampil kompetitif di tahun-tahun berikutnya," ucap Lin Jarvis.

"Yamaha Motor Company, Yamaha Motor Racing, dan Tim Monster Energy Yamaha MotoGP berupaya keras untuk memastikan masa depan cerah bersama Fabio dengan mengambil 'pendekatan yang lebih agresif' dalam pengembangan motor," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya