Aturan Baru Pembuatan SIM Berlaku Mulai 1 Juni 2024

Ujian praktik SIM mobil di India
Sumber :
  • Cartoq

New Delhi, 27 Mei 2024 – Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen resmi yang mengizinkan seseorang untuk mengemudikan kendaraan di jalan raya.

Cuma Rp 120 Jutaan, Suzuki Swift Terbaru Langsung Terjual 19.383 Unit Sebulan

SIM dikeluarkan oleh lembaga yang resmi ditunjuk, dan wajib hukumnya untuk dimiliki oleh setiap orang yang mengoperasikan kendaraan bermotor di jalan umum.

Berbeda dengan Indonesia di mana penerbitan SIM dilakukan oleh pihak kepolisian, di India dokumen tersebut dibuat oleh dinas perhubungan (RTO) di masing-masing wilayah negara tersebut. Di tempat yang sama, para pemohon SIM bisa menjalani ujian teori dan praktik

Fakta Tragis Polwan Bakar Suami, Keterlibatan India dalam Perang Genosida

Namun seperti dikutip VIVA Otomotif dari laman Motorbeam, hal itu dianggap kurang efektif sehingga pemerintah Negeri Hindustan berencana mengubahnya.

Ujian praktik SIM motor di India

Photo :
  • Cartoq
Narendra Modi Dilantik Jadi PM India Untuk Ketiga Kalinya, Konflik Perang Agama Jadi Rapor Merah

Kementerian Perhubungan Darat India memperkenalkan peraturan baru, yang memungkinkan pelamar untuk mengikuti ujian mengemudi di Lembaga Pelatihan Mengemudi swasta yang terakreditasi, mulai 1 Juni 2024.

Perubahan ini merupakan langkah positif untuk meningkatkan proses perizinan SIM di negara tersebut. Diharapkan dengan melibatkan LPM swasta, beban kerja di kantor RTO dapat dikurangi, dan pelamar mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan ujian mengemudi.

Pelamar SIM kini dapat mendaftarkan diri secara online melalui situs web Parivahan. Biaya pendaftaran bervariasi, tergantung pada jenis SIM yang dimohon pembuatannya.

Ujian mengemudi akan dilakukan di LPM swasta yang terakreditasi. LPM swasta yang berwenang akan mengeluarkan sertifikat kepada pelamar yang lulus ujian mengemudi.

Namun, pelamar masih perlu mengunjungi kantor RTO untuk menyerahkan dokumen yang diperlukan dan menunjukkan keterampilan mengemudi mereka. Untuk memperlancar proses, pemerintah telah mengurangi jumlah dokumen yang diperlukan untuk SIM baru.

LPM swasta yang ingin terlibat dalam program ini harus memenuhi persyaratan tertentu. Mereka harus memiliki minimal 1 hektare tanah untuk tujuan pelatihan umum dan 2 hektare untuk pelatihan 4-wheeler.

Fasilitas pelatihan harus dilengkapi dengan tepat dan pelatih harus memiliki ijazah SMA dan minimal lima tahun pengalaman mengemudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya