Ditendang Marc Marquez, Pembalap MotoGP Ini Langsung Turun Kasta

Pembalap Ducati Lenovo, Enea Bastianini
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

VIVA – Marc Marquez telah menggeser posisi Enea Bastianini di pabrikan Ducati untuk musim depan, dan Maverick Vinales, setelah Jorge Martin masuk Aprilia Racing memilih untuk meninggal tim pabrikan tersebut.

Mantan Pembalap MotoGP Sebut Keputusan Jorge Martin Cabut dari Ducati Salah

Meski berawal dari tim pabrikan, namun musim depan Vinales atau Bastianini harus puas dengan keputusannya berada di tim satelit. Sebab, keduanya resmi menjadi pembalap Red Bull KTM Gasgas Tech3.

Ilustrasi Enea Bastianini di Red Bull Gasgas Tech3

Photo :
  • Instagram MGP
Marc Marquez ke Ducati, Valentino Rossi: Pecco Bagnaia Tidak Akan Nyaman

Melalui akun Instagram MotoGP.com, kedua pembalap yang berasal dari pabrikan asal Italia itu resmi menjadi tim satelit dari brand besutan Austria. Posisi mereka menggantikan Pedro Acosta, dan Augusto Fernandez.

Pedro Acosta sebagai pembalap rookie hanya butuh 7 seri di MotoGP musim pertamanya untuk meyakinkan pabrikan KTM merekrutnya di musim depan.

Kunjungi Booth Pertamina di GIIAS 2024, Menangkan Tiket MotoGP

Namun bukan masalah buat Gasgas Tech3 kehilangan pembalap berbakatnya, sebab penggantinya juga cukup kompetitif, atau pernah menjadi ujung tombak dari masing-masing timnya.

Sebelum pengumuman resminya hari ini, Kamis 13 Juni 2024, Manajer Bastianini, Carlo Pernat pernah memberikan bocoran, bahwa pembalapnya itu sudah memiliki perjanjian khusus setelah Marc Marquez dipilih Ducati.

“Saya dapat mengatakan, bahwa saya memiliki kesepakatan dengan KTM, untuk mengirimkan KTM resmi ke Enea,” ujar Carlo kepada Motosprint.

“Kami sedang memilah detailnya, tapi kesepakatannya sudah ada sehingga saya dapat mengatakan, bahwa Enea akan balapan bersama KTM tahun depan,” sambungnya.

Bukan menjadi pembalap pabrikan, atau rekan satu timnya Pedro Acosta, melainkan turun kasta menjadi tim satelit. Mengingat Brad Binder masih memiliki kontrak dengan jenama berwarna oranye itu sampai 2026.

Enea Bastianini cukup kompetitif di musim ini, namun bukan menjadi alasan Ducati untuk mengakhiri kontraknya di musim ini. Pencapaian terbaiknya ketika MotoGP Italia yang menjadi tempat kelahirannya.

Pembalap Ducati Lenovo itu menunjukkan tajinya di Sirkuit Mugello dengan kembali merebut posisinya setelah disusul Marc Marquez, dan Jorge Martin, hingga finis ke-2, dan menjadi kemenangan sempurna buat tim merah.

Saat ini Bastianini mengantongi 114 poin, atau berada di urutan ke-4 klasemen sementara dengan selisih 22 poin dari Marc Marquez yang telah menggantikan posisinya di tim pabrikan tersebut.

Sementara masa depan Jack Miller yang digantikan Acosta di musim depan belum jelas, begitupun mantan rekan satu timnya di Gasgas Tech3, yaitu Fernandez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya