Wuling akan Produksi Mobil Listrik MPV di Indonesia

Pertemuan Menperin Agus Gumiwang dengan SGMW Motor Indonesia di China
Sumber :
  • Kementerian Perindustrian

Jakarta, 19 Juni 2024 - Kementerian Perindustrian terus mendorong pengembangan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, dengan mengundang pabrikan otomotif terkemuka dunia.

5 Mobil Hybrid Termurah di GIIAS 2024

Dalam pertemuan di Beijing, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd untuk meningkatkan produksi di Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai hub produksi untuk ekspor.

“Kami memberikan apresiasi kepada Wuling yang merupakan salah satu perusahaan pertama yang mengisi mobil EV di Indonesia. Apalagi Wuling menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya fasilitas fabrikasi EV di luar Tiongkok,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi Kementerian Perindustrian.

Usulan Gaikindo Soal Diskon PPnBM Mobil, BKPM Ungkap Hal Ini

Wuling telah berkontribusi signifikan dalam industri EV di Indonesia. Menperin menyampaikan dua hal penting kepada Wuling: peningkatan dan optimalisasi kapasitas produksi serta menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor produk-produk Wuling ke seluruh dunia.

Pertemuan Menperin Agus Gumiwang dengan SGMW Motor Indonesia di China

Photo :
  • Kementerian Perindustrian
Harga Hampir Rp2 Miliar, Kia EV9 GT-Line Sudah Dipesan Ratusan Unit

President Director PT SGMW Motor Indonesia, Shi Guoyong, mengungkapkan bahwa selama tujuh tahun beroperasi, investasi Wuling di Indonesia mencapai lebih dari US$700 juta (sekitar Rp 10,5 triliun) dan telah menjangkau sekitar 130.000 pembeli serta melakukan ekspor ke Thailand.

“Wuling juga merupakan pabrik pertama yang dapat memproduksi mobil listrik dan mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri sebesar 40 persen pertama di Indonesia,” jelas Shi Guoyong.

Dengan dukungan dan insentif dari pemerintah Indonesia, Wuling mampu memproduksi tiga jenis produk EV. Wuling juga berencana menjajaki pasar Australia, Selandia Baru, Malaysia, dan Afrika Selatan serta memproduksi mobil listrik MPV tujuh penumpang.

“Kami mengedepankan pengembangan EV, terutama dengan meluncurkan produk berkualitas dengan teknologi tinggi baik untuk brand Wuling maupun MG,” tutup Shi Guoyong.

Langkah ini sejalan dengan visi Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam industri kendaraan listrik global, dengan tujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi dan ekspor kendaraan listrik di kawasan Asia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya