Gesitnya Ferrari Malinda Dee

Mobil Ferrari dan Mercy milik Inong Melinda alias Melinda Dee yang disita
Sumber :
  • VIVAnews/ Eko Huda

VIVAnews - Beberapa waktu lalu, polisi menyita sejumlah mobil balap milik tersangka pembobol rekening nasabah Citibank, Inong Melinda alias Malinda Dee. Salah satu mobil yang menarik perhatian, si merah Ferrari California.

Menurut salah satu teman tersangka, Malinda sering membawa mobil supermewah ini ke kantor. Sebenarnya, bisakah mobil balap ini digunakan sehari-hari layaknya mobil sedan biasa?

Ferrari, pabrikan mobil asal Italia, dikenal sebagai pembuat mobil balap super. Hampir semua mobil keluarannya berkekuatan tinggi. Hanya dengan menyentuh pedal gas sedikit saja, mobil-mobil Ferrari bisa melaju ratusan kilometer per jam. Sehingga kebanyakan Ferrari tidak bisa dikendarai di jalanan macet, seperti Jakarta.

Berbeda dengan Ferrari California, mobil yang dibandrol Rp4-5 miliar ini bisa berjalan dengan kecepatan 70 kilometer per jam dalam keadaan stabil dengan posisi gigi tujuh. Tentunya, ini satu-satunya Ferrari yang bisa digunakan di jalanan kota.

Namun, Ferrari tetaplah Ferrari. Walaupun cocok digunakan sehari-hari, DNA Kuda Jingkrak yang beperforma tinggi tetap ada di tubuh California. Mobil yang diluncurkan pada akhir 2008 ini, bisa melesat 100 kilometer per jam dari dalam keadaan berhenti kurang dari empat detik. California juga bisa dipacu dengan kecepatan 310 kilometer per jam.

Fleksibilitas California yang bisa digunakan dalam kecepatan rendah dan tinggi, berkat sistem injeksi bahan bakar langsung (fuel direct-injection) terkini yang dipasangkan pada mesin berkapasitas 4,3 liter, 8 silinder. Dengan kapasitas itu, California memiliki tenaga 460 bhp pada putaran mesin 7750 rpm dan torsi mesin 485 Nm pada putaran mesin 3500 rpm. Selain itu, California merupakan satu-satunya Ferrari yang mesinnya dipasang di bagian depan.

Bicara soal kenyamanan, tentunya hal itu tidak perlu dipertanyakan lagi. Ferrari tampaknya cukup memahami kebutuhan konsumen dengan menancapkan banyak fitur sarana hiburan. Di antaranya konektor iPod, sat nav, layar sentuh 6,5 inchi, dan USB port. Yang tak kalah penting, atap California bisa dibuka tutup dalam waktu 14 detik.

Saat diluncurkan di Indonesia, pada Juni 2009, Ferrari California langsung ludes 14 unit. Delapan unit dikirim tahun itu, dan sisanya baru dikirim 2010, menurut Irmawan Poedjoadi, presiden direktur Ferrari Indonesia, saat peluncuran di Jakarta.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024