Mobil-mobil dengan Perawatan Termurah

Pengecekan mobil
Sumber :
  • 88db.com

VIVAnews - Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa mobil-mobil kecil memerlukan biaya perawatan lebih kecil dibandingkan dengan mobil-mobil besar. Penelitian itu dilakukan Vincentric, perusahaan penelitian di Bingham Farms, Michgian, AS, bulan lalu.

Dalam penelitian yang dipublikasikan Exhaust Notes baru-baru ini, menyatakan bahwa Honda Fit atau di Indonesia dikenal dengan Honda Jazz, memiliki biaya perawatan tahunan terendah, yaitu US$2.937 (Rp25,3 juta) dalam setahun. Posisi itu disusul Toyota Corolla dan Yaris yang menghabiskan masing-masing US$2.991 (Rp25,7 juta) dan US$3.029 (Rp26 juta).

Angka-angka tersebut menurut Vincentric, berdasarkan biaya kepemilikan untuk setiap kendaraan. Biaya ini, termasuk biaya bahan bakar, perawatan, dan suku cadang. Ingat, di Amerika Serikat, harga bahan bakar tak disubsidi lagi, sehingga harganya lebih mahal. Ditambah lagi, beberapa bulan ini harga bahan bakar tengah melambung tinggi.

"Corolla dan Fit masuk daftar ini karena memiliki suku cadang yang lebih murah," kata Tracy Schneiter, wakil presiden lembaga itu.
 
Menurut dia, salah satu alasan bahwa perawatan mobil kecil lebih murah, karena suku cadangnya lebih sedikit. Secara umum, semakin besar mobil, semakin banyak pula bagian-bagiannya, dan ini menimbulkan biaya lebih.

Namun, selain model-model kecil, ternyata ada mobil besar yang memiliki biaya perawatan murah, yaitu Cadillac DTS. Mobil ini masuk dalam daftar pemeliharaan termurah karena memiliki sejumlah program purnajual, seperti bebas biaya perawatan bulanan, bebas penggantian oli, dan gratis sejumlah pengecekan komponen. "Ini saja hanya berlaku pada 800 ribu kilometer," katanya.

Motor Baru Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Risikonya Besar
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Sinyal PKB Merapat ke Prabowo, Presiden PKS: Kita Hormati Keputusan Pak Muhaimin

Muhaimin Merapat ke Prabowo, Presiden PKS: Kita Hormati Keputusan Pak Muhaimin

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024