Lexus Tak Lagi Jadi Mobil Mewah Terlaris

Lexus GX 460
Sumber :
  • Toyota Motor Co

VIVAnews - Toyota Motor Corp akan kehilangan gelar sebagai penjual kendaraan premium tertinggi di Amerika Serikat. Toyota telah lebih dari 11 tahun memimpin pasar mobil mewah di negeri Paman Sam melalui merek Lexus.

Dalam keterangan yang dimuat Automotive News, Senin 11 Juli 2011, tergesernya Lexus dari merek mewah terlaris ini tak lain karena imbas gempa dan tsunami Jepang, pada 11 Maret.

Manager Divisi Lexus Toyota AS, Mark Templin, menegaskan bahwa penjualan Lexus di AS akan jatuh sekitar 17 persen menjadi sekitar 190.000 kendaraan pada 2011. Ini tak lain karena semua model Lexus, kecuali crossover sport RX 350, diproduksi di Jepang. DanĀ  "Amerika Serikat adalah pasar terbesar Lexus," katanya.

Templin mengatakan, pabrik Cambridge, Ontario, Canada, yang membuat RX 350 akan kembali berproduksi dengan kapasitas penuh pada September mendatang. Sedangkan pabrikan Jepang yang memproduksi Lexus juga kebanyakan telah kembali normal.

Penjualan Lexus AS turun 38 persen pada Juni. JuniĀ  merupakan bulan dengan penjualan terendah bagi Lexus AS. Penjualan Lexus jatuh 18 persen pada semester pertama 2011 menjadi 88.010 unit.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Kondisi ini sangat berlainan dengan rivalnya yang dari Jerman, BMW dan Mercedes-Benz. Penjualan BMW naik 13 persen menjadi 113.705 unit, dan Mercedes-Benz naik 7 persen menjadi 110.926 unit.

Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024