Kelas Menengah Naik, Industri Mobil Tumbuh

Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pasar otomotif nasional akan terus tumbuh seiring dengan bertambahnya kelas menengah. Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, memiliki pertumbuhan kelas menengah yang cukup bagus dibandingkan dengan negara-negara lain, termasuk China dan India.

"Ini merupakan potensi sekaligus tantangan ke depan," kata Hatta saat pembukaan Indoensia International Motor Show 2011, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jumat 21 Juli 2011.

Hatta mengatakan, pemerintah akan terus mendukung agar tercipta pertumbuhan perekonomian yang baik, sehingga industri akan terus tumbuh. Pemerintah menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen dan inflasi 5 persen plus minus satu. "Sehingga konsumsi akan terus tumbuh." katanya.

Mengenai industri otomotif, dia mengatakan, juga akan berkembang baik seiring dengan melemahnya perekonomian negara-negara maju, khususnya Eropa dan Amerika Serikat. Karena itu investasi akan terus masuk ke negara-negara berkembang, seperti Indonesia.

Hatta juga membantah telah terjadi deindustrialisasi.  Menurut dia, industri otomotif nasional tumbuh hingga 15 persen, industri pertanian yang biasanya tumbuh 2-3 persen naik menjadi 5 persen. Demikian juga industri pertambangan dan pengolahan, juga tumbuh 5 persen. "Jadi pernyataan tersebut tidak terbukti."

Sementara itu, ketua panitia IIMS 2011 Johnny Darmawan mengatakan, produksi kendaraan roda empat pada tahun lalu tumbuh hingga 15 persen. Sedangkan tahun ini diperkirakan bisa mencapai 14,1 persen.

Permintaan kendaraan bermotor juga meningkat menjadi 764 ribu unit pada 2010, atau 30,6 persen dari pasar ASEAN. "Permintaan kendaraan nasional hanya 5 persen di bawah Thailand," katanya.

Dengan potensi pasar yang besar dan dibarengi peningkatan daya beli masyarakat, pasar motor Indonesia akan menjadi terbesar di Indonesia. "Kami yakin bisa tercapai dalam waktu dekat."

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, buka suara terkait permohonan kubu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) yang memintanya jadi saksi di MK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024