Kendaraan Ini Jalan Sesuai Arah Tubuh

Pembukaaan IIMS 2011, Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Bukan lagi mimpi bagi manusia untuk memiliki kendaraan personal yang dapat membawanya ke mana pun dengan nyaman. Itulah terobosan baru bagi Toyota: Whee, Personal Mobility.

Di ajang Indonesia International Motor Show 2011, Toyota menghadirkan Whee. Pengunjung pun, bisa melihat dan mengamati peragaan kendaraan personal ini. Kendaraan ini ramah lingkungan dan pastinya bebas macet.

Dengan mengusung ultimate eco car dan teknologi hybrid yang telah dikembangkan Toyota beberapa tahun terakhir ini, Whee menjadi daya tarik tersendiri. Dengan desain modern bak otoped, Whee dapat mendukung kegiatan mobilitas manusia dalam jarak dekat.

Dengan memanfaatkan keseimbangan dan berat badan tubuh, pengguna hanya perlu berdiri di atasnya, dan Whee akan bergerak sesuai tekanan-tekanan tubuh. "Pengguna hanya perlu menjaga keseimbangan, jika badan condong ke depan, Whee akan bergerak maju. Sebaliknya, Whee akan bergerak mundur jika badan condong ke belakang," ujar Hiroyuki Murakami, Assistant Manager Planning Group Engineering Management & Development Dept. Partner Robot Division Toyota Motor Corp, ketika ditemui VIVAnews.com, Sabtu kemarin.

Whee pun akan bergerak mengikuti kemauan tubuh. Jika pengguna memberikan tekanan ke arah samping, otomatis Whee akan belok. Tentu hal ini tidak sanggup dilakukan dengan teknologi biasa. Menurut Murakami, kemampuan Whee tidak lepas dari teknologi robotik yang dikembangkan Toyota.

Whee hadir dalam tiga tipe yakni S, M, dan L. Setiap tipenya hanya berbeda pada tumpuan lutut dan pegangan. Desain tipe S sangat sporty di mana tumpuan lutut memiliki panjang yang lebih pendek dari tipe M yang diperuntukkan bagi orang-orang yang aktif. Sedangkan, tipe L adalah tipe yang universal di mana setiap orang dengan mudah menggunakannya.

"Tipe L adalah yang paling mudah digunakan karena memiliki pengangan yang dapat membantu pengguna menjaga keseimbangan dan mengendalikannya," ia menambahkan.

Dengan menggunakan baterai lithium, Whee mampu menempuh jarak 10 km hanya dalam waktu 1 jam pengisian ulang. Kecepatan yang dapat ditempuh Toyota Personal Mobility ini maksimum hanya 10 km/jam sesuai dengan standar keselamatan.

"Whee mampu bergerak dua kali kecepatan manusia pada saat berjalan cepat," ujarnya.

Dia memprediksi, Whee akan beredar di pasaran dalam 3 hingga 5 tahun ke depan karena di Jepang sendiri, pemerintah masih menggodok regulasinya keselamatan.

Namun sekarang ini, Toyota mulai memperkenalkan Whee ke komunitas-komunitas kecil, seperti di bandara dan supermarket sebagai alat transportasi jarak dekat.

Diharapkan Whee dapat membantu aktivitas masyarakat di masa depan, seperti perjalanan menuju ke kantor atau sekolah, rumah ke terminal, serta dapat menekan jumlah emisi gas buang kendaraan. (sj)

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan
Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

"Untuk sejauh ini, sudah ada 12 orang yang telah melaporkan (Rektor UNU). Mereka masing-masing mahasiswi, staf hingga dosen. Pelaporan itu dilayangkan ke pihak LLDIKTI."

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024