Mobil Nantinya Bisa Saling 'Komunikasi'

Kemacetan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemerintah tengah mengkaji penggunaan teknologi mutakhir dalam lalu lintas di Indonesia. Teknologi canggih itu bisa meningkatkan keselamatan, keamanan, dan efisiensi sistem transportasi nasional.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, dalam skema besar, nantinya setiap kendaraan bisa memberi dan menerima informasi dari mobil lain. "Sehingga bisa terhindar dari kecelakaan," kata Bambang di area IIMS, JIExpo, Kemayoran, Senin 25 Juli 2011.

Pemerintah saat ini telah menggandeng pelaku usaha otomotif danĀ  akademisi untuk menggodok pengembangan dan pemanfaatan teknologi canggih. Menurut dia, ini merupakan usaha penerapan teknologi maju di bidang elektronika, informatika, dan telekomunikasi agar membuat sarana transportasi lebih informatif, lancar, aman, dan nyaman.

Pada tahap awal, pemerintah melalui lembaga nirlaba Intelligent Transport System, akan membentuk sistem informasi dan navigasi yang modern, sehingga dapat memberi rute jalan yang optimal bagi pengendara. "Tentunya dengan teknologi ini, pengemudi jadi tahu jalan mana yang sedang macet. Tentunya ini juga akan menghemat bahan bakar."

Melalui informasi yang real time, pemerintah juga bisa mengembangkan manajemen lalu lintas jalan raya. "Termasuk di dalamnya manajemen kecelakaan," ujar Bambang yang juga ketua Intelligent Transport System. "Bila ada kecelakaan, banjir, kebakaran, bisa segera diinformasikan secara online, sehingga pengendara mengetahui kondisi ini." (umi)

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
VIVA Militer: Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Dalam penemuan itu, mereka mengklaim bahwa negara Ukraina telah membayar “sejumlah besar dana” kepada para pelaku.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024