Brio, Mobil Murah dari Honda

Honda Brio
Sumber :
  • VIVAnews/Hadi Suprapto

VIVAnews - Meski belum ada kepastian kapan kemunculan Honda Brio di Indonesia, namun mobil bermesin 1.200 cc ini, diprediksi akan memanaskan persaingan kategori city car.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Sebab, belakangan pasar otomotif Indonesia sedang jatuh cinta pada kategori city car. Segmen mobil yang kompak ukurannya, irit konsumsi BBM-nya, dan lebih menggiurkan: harganya murah.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada dua bulan pertama 2011, kenaikan segmen ini mencapai 345 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Jika periode Januari–Februari 2010 hanya ada 980 city car yang terjual, maka pada 2011 jumlahnya menjadi 4.359 unit.

Kalau dulu hanya ada pilihan Suzuki Splash, tapi sekarang pilihannya tersebar dari Chevrolet Spark, KIA Picanto, hingga Nissan March yang semakin laris di pasaran.

Ketertarikan untuk bersaing di segmen city car ini rupanya dirasakan juga oleh PT Honda Prospect Motor (HPM), yang merupakan penguasa hampir 40 persen segmen hatchback di Indonesia, lewat Honda Jazz.

Di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, PT Honda Prospect Motor mengenalkan secara perdana city car murah Honda Brio. Mobil yang sudah dikenalkan di Thailand pada Maret 2011 itu sontak mendapat respons sangat positif dari pengunjung.

Tak jarang nanyak pengunjung yang bertanya kapan mobil ini resmi dipasarkan di Indonesia, dan berapa harganya?

Namun sayangnya, pertanyaan itu belum bisa dijawab oleh PT Honda Prospect Motor selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda

Maklum, keputusan final jadi atau tidaknya Honda Brio dipasarkan di Indonesia berada di tangan prinsipal Honda di Jepang. Karena itu, langkah awal yang dilakukan PT HPM saat ini adalah mengenalkan Honda Brio kepada publik.

Di Thailand, Honda Brio ditawarkan jauh di bawah Honda Jazz, yakni mulai Rp115,9 juta (tipe standar), dan Rp137 juta–147 juta untuk model bertransmisi otomatis.

Honda Brio sendiri berukuran sangat kompak,yakni berdimensi 3.610x1.680x1.485 mm. Dimensi yang mungil ini membuatnya lincah bermanuver, nyaman parkir di tempat sempit, juga mudah dikendalikan.

Dapur pacunya menggunakan mesin 1.200 cc i-VTEC, 4 silinder, mampu memompa tenaga hingga 90 HP atau terbesar dibandingkan rivalnya di kelas city car. Tingkat konsumsi bahan bakar Brio juga diklaim sangat irit, yakni lima liter untuk 100 kilometer (standaremisiEuro 4).

Untuk transmisi, Brio menggunakan continuously variable transmission (CVT) dan teknologi Honda’s G-Force Control (GCON). Dilengkapi pula dengan dual SRS front airbags, disc brakes, anti-lock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD),serta fitur immobilizer. (eh)

Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024