Siapa Raja Hatchback Eropa

Ford Fiesta saat dikenalkan di Thailand
Sumber :
  • Ford Indonesia

VIVAnews - Usia ke-35 tahun sangat Istimewa bagi Ford. Pabrikan Amerika Serikat ini mampu menunjukkan eksistensinya di pasar otomotif dengan mobil jenis hatchback-nya, Ford Fiesta. Bahkan di bulan Juli 2011, populasi Fiesta sudah melebihi 15 juta unit di dunia.

Diketahui generasi pertama Fiesta diluncurkan pada 1976. Namun kini, Fiesta telah menelurkan 6 generasi. Di usianya yang bertambah tua, Fiesta tidak menunjukkan krisis usia-pertengahan. Sebaliknya, Fiesta justru semakin tajam.

Bahkan, Fiesta yang dijual saat ini populasinya melampaui 1 juta unit. Padahal versi baru itu diluncurkan 28 bulan lalu. Sejak 2009-2010, Ford mengklaim Fiesta sebagai mobil kecil terlaris di Eropa.

Vice President Marketing, Sales, dan Service Ford of Europe, Roelant de Waard mengatakan Fiesta saat ini menjadi mobil unggulan bagi para konsumen di Eropa dan seluruh dunia.

"Mobil ini sebagai bukti adanya pengembangan dan inovasi terbaru dari sisi teknologi. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 1976, sehingga sekarang, Fiesta tetap menjadi salah satu mobil dunia yang paling populer," kata Roelant saat dilansir dalam laman usatoday.com, Senin 1 Agustus 2011.

Proyek Fiesta dimulai pada 1972 dengan nama Project Bobcat. Proyek rahasia itu bertugas menciptakan mobil kecil untuk dipasarkan di seluruh dunia atas perintah Henry Ford II, Chairman Ford. Pekerjaan dilakukan di Eropa dan Amerika.

Fiesta orisinal dikeluarkan dari pabrik Ford di Valencia pada 1976. Mobil ini menjadi respon dari Ford atas krisis minyak saat itu di Eropa dan dunia. Di Eropa, Valencia masih memproduksi Fiesta, ditemani pabrik di Cologne. Fiesta dilahirkan pula di Nanjing (China),  Rayong (Thailand), dan Cuautitlàn (Mexico).

Sedangkan keberadaan Ford Fiesta di pasar otomotif Indonesia cukup menggeliat. Bahkan mengancam mobil lain di kelasnya, seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris. Sepanjang semester satu 2011, Fiesta mampu menduduki peringkat ketiga jenis hacthback terlaris, dengan angka penjualan 3.428 unit.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Mobil asal Negeri Paman Sam diprediksi akan terus meningkat penjualannya di Indonesia.

Ria Ricis

Cerita Soal Baby Box, Ria Ricis Seolah Pertegas Tentang Nafkah Batin

Ria Ricis mengambil hikmah dari pengalaman tersebut, yaitu kekuatan hubungannya dengan Moana yang sangat erat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024