Desain Ferrari Ini Terinspirasi Angin Laut

Ferarri Xezri
Sumber :
  • cars today/Ferrari

VIVAnews - Angin yang terdapat di bagian barat Laut Kaspia menjadi inspirasi lahirnya desain mobil sport konsep milik Ferarri yang dinamai Xezri. Desain menarik ini dihasilkan oleh seorang pria asal Azerbaijan, Samir Sadikhov, juara kedua di ajang Ferrari World Design Contest.

Sadikhov yang merupakan lulusan IED Turin, mengatakan bahwa supercar yang namanya diambil dari angin tersebut dirancang inovatif, berteknologi tinggi dengan solusi yang dibutuhkan dari satu mobil ringan, sehingga mampu melesat di jalan raya dan sirkuit.

Di tangan Sadikhov, Xezri dibuat aerodinamis dengan menambah gaya downforce dan menghilangkan bagian kaca spion. Komponen besar seperti rear wing juga diubah agar mobil ini makin mantap membelah angin.

“Inti desain Xezri merupakan gabungan dan penyempurnaan mobil-mobil Ferrari masa silam,” ujar Sadikhov Zuokas dalam kutipan yang ditulis di The Cars Today, Rabu 3 Juli 2011.

Menariknya, agar tak ada angin yang terhenti dikolong mobil, underbody mobil ini sengaja dibuat rata, layaknya mobil Formula. Selain itu, kisi-kisi udara besar tetap dipasang sebagai pendingin mesin dan rem. 

Sedangkan panel aerolastic winglet terinspirasi oleh Ferrari 458 Italia. Mobil ini juga semakin istimewa, dengan bahan carbon fiber  yang mendominasi beberapa panel interior dan eksterior, yang membuat Xezri makin ringan.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Film Badarawuhi di Desa Penari

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Tanah Air. Film produksi MD Pictures berjudul Badarawuhi di Desa Penari akan segera tayang di Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024