Volvo Pesaing Audi Q5 Siap Masuk RI

Volvo XC60 R-Design
Sumber :
  • Volvo

VIVAnews - Kerinduan pencita mobil Volvo tampaknya akan terobati. Setelah cukup lama vakum mengeluarkan produk baru, PT Indobuana Autobuana Autoraya, distributor mobil penumpang Volvo di Indonesia, akhirnya mengeluarkan mobil teranyarnya, Volvo XC60. Varian terbaru ini rencananya akan dipasarkan September.

Saat ini XC60 diimpor utuh dari Swedia, sedangkan XC60 2012 akan didatangkan langsung dari pabrik perakitan Volvo Malaysia. "Kami harapkan XC60 bisa bersaing secara kompetitif dengan para kompetitornya, seperti Audi Q5. Sebab, harganya akan lebih murah," kata Paulus Suranto, CEO Volvo Cars Indonesia di Jakarta, Selasa 23 Agustus 2011.

Namun, Paulus belum mau membeberkan secara detail berapa harga XC60 2012 kelak. Ia mengatakan City Safety akan menjadi fitur standar mobil ini. "Fitur City Safety tetap dibawa. Kami akan menerapkannya ke model-model Volvo lainnya," paparnya.

XC60 akan dibekali mesin 2.0 GTDi (Gasoline Turbocharged Direct Injection) dengan transmisi otomatis 6-speed. Model-model lain, yang kemungkinan besar menyusul pada 2012 adalah Volvo V60 dan Volvo S80, mengingat keduanya akan dan tengah diproduksi.

Viral Video Pria Bakar Diri di Pinrang Sulawesi Selatan, Begini Faktanya

Keterangan Foto: Audi Q5 (uncrate.com)

Kala IHSG Anjlok, 'Dompet' Orang Terkaya RI Ini Justru Kian Tebal

City Safety merupakan fitur yang dapat membantu pengemudi menghindari tabrakan pada laju kendaraan rendah, seperti yang biasa terjadi ketika lalu lintas macet atau antrean panjang. Jika mobil hampir menabrak kendaraan di depannya, dan pengemudi tidak bereaksi, mobil akan mengerem dengan sendirinya.

Fitur pengereman ini aktif pada kecepatan hingga 30 kilometer/jam. Bila kendaraan di muka tiba-tiba mengerem dan sistem XC60 memperkirakan tabrakan akan terjadi, pedal rem akan bergerak mendekati cakram dan secara otomatis akan mengerem jika pengemudi tak bereaksi.

Tabrakan tak akan terjadi bila kecepatan relatif antara dua kendaraan itu di bawah 15 kilometer/jam. Tapi, bila kecepatan kendaraan adalah 15 sampai 30 kilometer/jam, fitur City Safety beralih fungsi menjadi pengurang kecepatan, sehingga tak terjadinya tabrakan. (eh)

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Justin Hubner Gabung, Waktunya Indonesia U-23 Mati-matian Raih Kemenangan

Justin Hubner menambah kekuatan Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Dia datang menyusul ke Qatar usai mendapatkan izin dari klubnya, Cerezo Osaka.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024