Toyota Luncurkan Kapal Pesiar Ikan Paus

Kapal Pesiar Toyota (Ponam-35)
Sumber :
  • Newlaunches.com

VIVAnews - Toyota Motor Corp terus menunjukkan eksistensi dalam binis pembuatanĀ  kapal persiar. Hal itu diperlihatkan dengan merilis produk terbaru kapal pesiar, Toyota Ponam-35.

Peluncuran itu menandakan keinginan produsen mobil terbesar di Jepang itu untuk lebih mengembangkan bisnis perkapalannya yang kalah pamor ketimbang mobil.

Seperti dilansir Marketwatch.com, Kamis 8 September 2011, nama Ponam diambil dari kata Waipounamu, di mana dalam mitologi Maori berarti ikan paus. Kapal pesiar ini memiliki panjang dan lebar 11,95 meter dan 3,94 meter. Total tonase-nya 10 ton.

Lambung kapal terbuat dari alumunium. Kapal dapat memuat 12 orang. Ponam-35 memiliki volume tanki bahan bakar 850 liter. Sementara, Ponam-35 bisa menyimpan 170 liter air bersih.

Kabinnya diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi pergerakan para penumpang. Tersedia sofa untuk 5 orang dan ruang penyimpanan yang cukup banyak.

Ponam-35 menyediakan kamar pribadi untuk sang pemilik, yang dilengkapi tempat tidur luas dan banyak ruang penyimpanan. Ponam juga menawarkan wastafel, kulkas, microwave oven dan rak penyimpanan.

Toyota membenamkan 2 mesin tipe M1VD-V V8 4500 cc dari Toyota Land Cruiser. Kedua mesin menghasilkan tenaga 740 hp.

Jasa Raharja Serahkan Santunan untuk Ahli Waris Najwa Devira, Korban Laka Tol Cikampek

Kapal yang dilego senilai 59 juta yen atau sekitar Rp6,5 miliar itu, diharapkan bisa menarik perhatian pasar China, negara dengan populasi jutawan yang terus meningkat.

Toyota memasuki industri perkapalan Jepang pada 1997. Tahun lalu Toyota berhasil membuat 34 unit kapal dengan pangsa pasar 12 persen.

Tidak hanya Toyota, beberapa pabrikan mobil dunia juga terjun dalam bisnis kapal. Beberapa di antaranya adalah Nissan dan Suzuki, sementara Honda hanya memproduksi mesin kapal. (umi)

Shimmer Dress Lagi Tren! Ini Tips Padu Padan dan Perawatannya Agar Awet
Ketua TKN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid didampingi Deputi Kanal Media TPN Ganjar Mahfud, Karaniya Dharmasaputra saat jumpa pers di Solo

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo

Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid akan bersilaturahmi menemui calon Presiden pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024