Ini Raja Sedan Tak Berbuntut

Honda Jazz
Sumber :
  • Jazz-Fit Club

VIVAnews – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengumumkan penjualan mobil sepanjang Agustus sebanyak 73.279 unit. Dari penjualan ini, 5.973 atau 8,15 persen di antaranya disokong segmen sedan tak berbuntut alias hatchback.

Meski sedikit menurun dari Juli, pasar hatchback nasional terlihat telah membaik. Pasar segmen ini sempat drop pada Maret dan April akibat terputusnya rantai pasokan pasca gempa dan tsunami Jepang 11 Maret.

Honda yang membukukan penjualan All New Jazz sebanyak 2.077 unit berhasil menguasai pasar 34,7 persen. Jauh melewati lawannya, Toyota Yaris. Sementara itu Yaris hanya bisa membukukan penjualan 1.481 unit, atau menguasai pasar 24,8 persen.

Direktur Marketing dan Purnajual Honda Indonesia Jonfis Fandy mengatakan, Honda Jazz masih memimpin pasar hatchback dengan pangsa pasar 33 persen sepanjang tahun ini. "Jazz telah menjadi penyokong utama penjualan Honda di Indonesia," kata Jonfis dalam keterangan tertulis, Rabu 14 September 2011.

Pada Agustus ini, Ford Fiesta mencatat posisi ketiga di kelas hatchback. Fiesta membukukan penjualan 783 unit, lalu disusul Mazda2 (456 unit), Daihatsu Sirion (421 unit), dan Suzuki Swift (254 unit).

Pasar mobil nasional diperkirakan akan terus tumbuh pada tahun ini. Akhmad Nurcahyadi, analis otomotif dari BNI Securities mengatakan, perusahaan-perusahaan otomotif nasional telah mencatat peningkatan penjualan yang signifikan.

Hingga akhir tahun ini, prediksi optimistis penjualan mobil nasional mencapai 830 ribu unit. "Sedangkan skenario moderat hanya 800 ribu unit," katanya, beberapa waktu lalu. (eh)

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024