Jerman Gelar Orkestra Dari 81 Klakson Mobil

Orkestra Klakson Mobil
Orkestra Klakson Mobil
Sumber :

VIVAnews - Dunia otomotif memang tidak sepi dari inovasi baru dibidang teknologi. Bahkan, di Jerman, sebuah inovasi dilakukan untuk menghubungkan dunia otomotif dengan orkestra.

Seperti dilansir Huffingtonpost, Kamis 15 September 2011, dalam rangka menyambut Frankfurt Motor Show, seorang komposer Jerman, Marios Joannou Elia, menggelar orkestra yang dinamakan Autosymphonic.

Dinamakan Autosymphonic karena selain mengandalkan alat musik, orkestra ini juga memakai suara klakson dan deru mesin dari 81 mobil terpilih.

”Selama enam bulan terakhir, komposer dan penata suara telah memilih sebanyak 81 mobil untuk orkestra ini. Kebanyakan adalah mobil-mobil baru,” kata Bernhard Schenk, juru bicara Autosymphonic.

Meski banyak mobil baru, beberapa mobil legendaris juga diikutsertakan, seperti Benz Patent Motorwagen dan Ferrari 458 Italia. Bahkan, ada juga mobil yang masuk dalam kategori aneh, yakni Amphicar, mobil amfibi yang digunakan untuk keperluan militer dan mobil klasik Aero 662 dari Czechoslovakia.

Sebenarnya, membuat musik dari mobil bukan hal yang baru. Contohnya, presenter Top Gear,James May yang bekerja sama dengan Allman Brother membuat lagu berjudul Jessica.

Lagu ini dibuat dengan menggunakan deru mesin mobil. Lagu ini malah dijadikan lagu resmi acara Top Gear dan mendapatkan sambutan positif dari beberapa musisi.

Usaha yang sama juga dilakukan oleh komposer Ric Averill asal Kanada. Dia membuat video musik dengan iringan klakson mobil. Seperti Marios, Averill juga mencari beberapa mobil yang berpotensi untuk dibuat musik. Ia kemudian merekam beberapa suara klakson mobil dan diolah secara digital untuk dijadikan sebuah lagu.

Ini sangat berbeda dengan apa yang Marios lakukan. Di Jerman dia mebuat orkestra dari suara klakson dan deru mesin mobil secara bersamaan. (eh)