Perpanjang SIM Tanpa Tes Mata

Pelayanan SIM keliling
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari nLubis

VIVAnews - Bagi para pengguna kendaraan bermotor di Indonesia mengurus surat izin mengemudi (SIM) tampaknya menjadi hal yang tak mudah. Mulai dari mengisi formulir, pemeriksaan kesehatan, hingga pemeriksaan penglihatan.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Tetapi tidak demikian dengan mengurus SIM di kota New York Amerika serikat, di mana Department of Motor Vehicle menghilangkan tes penglihatan atau tes mata dari rangkaian perpanjangan SIM. Hal ini dilakukan oleh DMV guna memperbaiki pelayanan masyarakat dalam memperpanjang SIM

Seperti yang dilansir Thecarconnection Rabu 28 September, DMV menjelaskan bahwa tes mata telah dihilangkan dari proses pembuatan SIM. Ini bukan pertama kalinya DMV mengeliminasi tes mata pada saat perpanjangan SIM, pada tahun 1993 sampai 2000 DMV juga pernah mengeliminasi tes mata.

Perubahan ini membuat para pengendara dapat menyatakan dengan sendirinya bahwa penglihatan diri mereka baik.

New York bukanlah satu-satunya kota yang tidak membutuhkan tes penglihatan mata untuk memperpanjang SIM, sebab masih ada beberapa kota lagi di AS yang menerapkan kebijakan itu. Sayangnya kebijakan ini cenderung tidak konsisten.

Contohnya saja Maryland, yang mewajibkan para pengendara yang berumur lebih dari 40 tahun mengikuti tes penglihatan. Sedangkan Oregon mengadakan tes penglihatan hanya bagi pengendara berumur 50 tahun ke atas. Di Virginia tes kesehatan hanya apabila berumur 80 tahun ke atas.

Bagi para calon pemilik SIM tetap diharuskan mengikuti tes penglihatan untuk mendapatkan SIM, di mana penghapusan tes penglihatan ini hanya dihilangkan bagi orang yang ingin memperpanjang SIM.

Pengalaman New York, menurut laporan itu. dalam menghapus tes penglihatan tampaknya bukan ide yang bagus, di mana populasi dari para pengendara kendaran bermotor makin lama makin bertambah. Proses untuk mempercepat dalam memperpanjang SIM harus memikirkan dampak terhadap faktor keselamatan para pengendara kendaraan bermotor. (umi)

Kondisi Lalu Lintas malam Takbiran di Bundaran HI

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Kondisi lalu lintas di Bundaran HI saat malam takbiran ini terpantau padat merayap, terlihat sejumlah kendaraan roda dua hingga mobil memadati badan jalan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024