Produsen Truk India Siap Jiplak Kijang Innova

Grand New Kijang Innova
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Produsen otomotif di India, Ashok Leyland, yang membuat truk menengah dan berat, mengaku tertarik untuk menciptakan mobil jenis MPV yang mirip seperti Toyota Innova.

Bahkan, perusahaan yang berbasis di Chennai ini menargetkan mobil itu akan mampu memuat sekitar 7-8 penumpang, dengan mesin bertenaga medium.

Seperti dilansir BSMotoring, Senin 4 Oktober 2011, mobil jenis MPV menjadi primadona dan paling diminati masyarakat India. Segmen mobil seperti ini telah lebih dahulu dihadirkan oleh Toyota, GM, Tata Motors dan Mahindra.

Beberapa produsen lain pun bersiap untuk unjuk gigi, seperti Chevrolet yang siap meluncurkan Tavera dengan mesin baru. Ancaman lain juga datang dari Maruti Suzuki dengan Ertiga.

Tak ketinggalan, GM dan SAIC juga akan meluncurkan van terjangkau dengan nama Sunshine. Terakhir, Pune berbasis Force Motors akan meluncurkan van yang didasarkan dari Mercedes-benz platform.

"Cara orang untuk bepergian telah berubah dalam beberapa tahun terakhir ini. Innova bahkan telah mencapai penjualan mendekati 5.000 unit per bulan." ujar Wakil Ketua Eksekutif Hinduja Automotive, V Sumantran.

Situasi ini, membuat Leyland semakin yakin untuk meluncurkan MPV mirip Kijang Innova. "Kami akan memiliki platform dan tetap berbeda kreasi, yaitu gaya, konten dan posisi yang berbeda," ungkap dia.

Soal harga memang belum bisa diungkapkan, tapi yang jelas akan lebih murah dari Innova.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron

Nurul Ghufron Bakal Disidang Etik Dewas KPK pada 2 Mei Terkait Mutasi Pegawai Kementan

ewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rencananya akan menggelar sidang dugaan pelanggaran etik Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron pada 2 Mei 202 mendatang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024