Proton Ingin Mendulang Sukses di China

Proton Exora
Sumber :
  • Proton

VIVAnews - Produsen mobil asal Malaysia, Proton terus melakukan perluasan jaringan di kawasan Asia, khususnya China. Salah satunya dengan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Hawtai Motor Group Ltd.

Dalam MoU tersebut, kedua perusahaan akan mengevaluasi kemungkinan pembentukan perusahaan Joint Venture (JV Co) di Cina, untuk berinvestasi dalam pengembangan produk dan mengembangkan model baru secara bersama-sama.

"MoU dan potensi dari hubungan jangka panjang dengan Hawtai Motor Group ini sejalan dengan upaya untuk mendirikan China sebagai salah satu pusat utama Proton manufaktur dengan memanfaatkan kemampuan manufaktur lokal pasangan kita, serta jaringan untuk penjualan dan distribusi," kata Proton Chairman, Dato 'Sri Mohd. Nadzmi Mohd. Salleh dalam keterangan persnya, Selasa 25 Oktober 2011.

Pada tahap awal pembentukan perusahaan joint venture, Proton akan melisensi mobil-mobil terkini Hawtai Motor Group yang akan diproduksi di pabrik manufaktur Hawtai di Cina untuk dijual di pasar domestik Cina di bawah merek Hawtai, dengan kemungkinan co-naming dengan Proton.
 
Produk awal yang dipertimbangkan untuk diproduksi adalah MPV Proton Exora dan model P3-21A, yang targetnya akan diresmikan oleh Proton awal tahun 2012.

Hawtai Motor Group berbasis di Beijing dan berdiri pada tahun 2000. Perusahaan ini memiliki kapasitas produksi tahunan 200.000 kendaraan, 300.000 mesin dan 300.000 transmisi otomatis. Pada tahun 2002, Hawtai terlibat dalam usaha joint venture dengan Hyundai Motors untuk memproduksi Hyundai Matrix, Hyundai Santa Fe dan Hyundai Terracan.

Santa Fe menjadi kendaraan SUV paling populer di Cina pada tahun 2010 dan terus mendapatkan kesuksesan di pasar Cina.

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan
Singapore Tourism Board Memperbaharui Kemitraan dengan GDP Venture

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Hasil dari kerjasama ini, ia akan mendorong kuat minat para wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Singapura.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024