Oktober, Honda Cuma Andalkan Jazz

Launching New Honda Jazz
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Banjir di Thailand memberikan dampak negatif terhadap penjualan Honda di Indonesia. Hal ini terbukti dengan menurunnya penjualan Honda pada bulan Oktober lalu.

Data PT Honda Prospect Motor (HPM) yang dirilis awal Oktober lalu menyebut, penjualan selama September mencapai 4.887 unit. Adapun di Oktober hanya 4.024 unit. Artinya penjualan honda turun sebanyak 863 unit.

Namun, anjloknya penjualan bisa terselamatkan oleh
varian andalan Honda di segmen hatchback, yakni New Honda Jazz. Pada bulan Oktober 2011, Jazz masih mampu mengukuhkan penjualan sebanyak 2.317 unit.

Jumlah ini meningkat 58%, jika dibanding penjualan pada bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 2.128 unit. Sepanjang tahun ini, Honda Jazz telah mencetak angka penjualan sebesar 18.012 unit di seluruh Indonesia.

Selain mengalami peningkatan penjualan, Honda Jazz juga memberikan kontribusi terbesar terhadap total penjualan Honda pada bulan Oktober 2011, yang mencapai 4.024 unit. Secara total, Honda telah mencatat angka penjualan sebanyak 40.318 unit di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2011.

Sedangkan New Honda CR-V berhasil terjual sebanyak 709 unit di bulan Oktober. New Honda CR-V sendiri telah berhasil terjual sebanyak 9.828 unit selama tahun ini.

Dari segmen MPV, New Honda Freed berhasil terjual sebanyak 778 unit. Dengan demikian New Honda Freed telah terjual sebanyak 8.118 unit di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2011. Sementara MPV premium, All New Honda Odyssey mencatat penjualan sebanyak 171 unit selama tahun 2011. Untuk bulan Oktober sendiri, All New Honda Odyssey terjual 1 unit.

Beralih ke segmen sedan, Honda City, Civic dan Honda Accord masih mencatat angka penjualan yang cukup bagus, meskipun terhambat oleh pasokan dari Negara Thailand. Dimana Honda Accord berhasil terjual sebanyak 95 unit pada bulan Oktober. Dengan demikian, All New Full Size Honda Accord telah terjual sebanyak 1.108 unit hingga bulan Oktober lalu.

New Honda Civic terjual sebanyak 124 unit. Total penjualan New Honda Civic sepanjang tahun 2011 telah mencapai 1.025 unit. Sementara itu, penjualan New Honda City pada bulan Oktober lalu terhambat karena tidak ada pasokan akibat bencana banjir di Thailand. Sampai bulan Oktober sendiri, New Honda City telah meraih penjualan sebanyak 1.635 unit di seluruh Indonesia selama tahun 2011.

Sebut Pemilu Hampir Selesai, Tito Karnavian Serukan "Kita Move On"

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, mengatakan terganggunya pasokan komponen dan CBU akibat banjir di Thailand memberikan dampak terhadap penjualan Honda di bulan Oktober. "Kami berharap dampak banjir dari Thailand bisa diatasi dalam waktu secepatnya sehingga kami bisa memenuhi permintaan dari konsumen di Indonesia," ujarnya dalam keterangan pers, Selasa 2 November 2011. (sj)

Babe Cabita

Pengusaha Syariah Ini Sebut Babe Cabita Anti Riba

Didik Subi panggilannya sempat mengenang sosok Babe Cabita yang ternyata membuka usaha tanpa riba.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024