Kenapa All New Avanza Lebih Irit

All New Avanza
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Toyota Astra Motor (TAM) baru saja merilis generasi MPV terbarunya All New Avanza, dua hari lalu. Pihak TAM menegaskan ada dua alasan yang membuat Avanza terbaru ini layak menjadi calon mobil terpopuler di pasar otomotif Tanah Air.

Pertama, desain eksterior dan interior yang berubah total. Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini menjadi semakin mewah dan nyaman dibanding generasi sebelumnya.

Alasan kedua adalah semakin iritnya konsumsi bahan bakar dari All New Avanza. Memang, secara keseluruhan bagian mesin masih mengandalkan  empat silinder, 16 V, DOHC VVT-I dengan kapasitas silinder 1.300 dan 1.500cc.

Namun, Toyota sengaja mengurangi torsi-nya sekitar 1 kg-m. Dengan tujuan agar lebih irit. Meskipun torsi berkurang, tarikan Avanza terbaru ini tetap baik. Karena adanya pengurangan bobot hingga 30 kilogram.

Efisiensi BBM All New Avanza pada versi 1.5 liter dari 11,2 menjadi 12 km/liter, sedangkan versi 1.3 liter yang sebelumnya 11,6 menjadi 12,6 km/liter.

Sedangkan akselerasi (0-100 km/jam) All New Avanza pada tipe mesin 1.5 liter dari 12,1 detik menjadi 11,9 detik. Adapun untuk 1.3 liter dari 12,5 detik menjadi 11,9 detik.

Selain itu, TAM melakukan penyempurnaan pada suspensi dan penggunaan Electronic Power Steering (EPS). Hal itu dilakukan untuk meningkatnya efisiensi bahan bakar dan menambahkan akselerasi.

Toyota Avanza memang laris manis di pasar otomotif Indonesia. Mobil jenis MPV ini dinilai menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobil irit, andal, dan harga terjangkau. Tercatat sejak Januari 2004 hingga Oktober 2011, Avanza menorehkan penjualan sebanyak 681.035 unit. (art)

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini
PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024