Menguji Ketangguhan Avanza di Tanah Minang

Toyota Avanza di Minang
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Toyota Astra Motor menepati janjinya memberikan kenyamanan lebih pada generasi Avanza terbarunya. Mereka juga membuktikan jika All New Avanza tidak hanya sekadar 'berganti baju'.

Dalam kesempatan uji kendaraan atau test drive All New Avanza di Padang, Sumatera Barat, Senin 22 November 2011, VIVAnews.com berkesempatan menjajal ketangguhan kasta tertinggi All New Avanza, yaitu Veloz, di tanah Minang.

Titik keberangkatan awal dimulai dari Padang menuju Pariaman, tepatnya di lembah Anay. Beberapa tingkungan tajam dan terjal pun mampu dilahap dengan mudah oleh MPV terpopuler di Indonesia ini.

Tekstur jalanan yang bergelombang serta berlubang tak membuat kenyamanan pengemudi dan penumpang terganggu. Itu berkat adanya penyempurnaan suspensi dan bagian kaki-kaki yang dilakukan oleh Toyota.

Alhasil, mobil ini tidak mengalami bumping yang menyebabkan berkurangnya handling dan akselerasi. Veloz dibekali suspensi depan Mac-Pherson Struts dan suspensi belakang per keong yang meningkatkan kestabilan dan kenyamanan. Dilengkapi pula dengan Spring Upper Insulator untuk menambah kesenyapan pada kabin.

Tidak hanya itu, Veloz juga semakin mudah dikontrol kendali stirnya oleh si pengemudi. Hal itu berkat adanya fitur baru, yakni Electronic Power Steering (EPS). Selain memudahkan mengendalikan kemudi stir, EPS juga dapat membantu konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Fitur EPS begitu terasa ketika berjalan di trek yang berkelok-kelok, tepatnya saat menuju ke Lembah Harau, Payakumbuh. Kemudi stir menjadi lebih ringan saat dibelokkan di tingkungan tajam sekalipun. Laju stir juga berputar dengan cepat ke posisi semula.

Keindahan pemandangan air terjun dan hamparan tebing-tebing kapur di sepanjang perjalanan menjadi semakin indah dinikmati dari balik kabin Veloz. Itu tidak terlepas adanya sentuhan sistem audio 2 DIN CD dan USB, dan suara dikeluarkan pada enam speaker.

Veloz memiliki tampilan grill depan berlapis kroom, headlamp dengan desain futuristik, lampu kabut di bumper depan, serta kaca spion elektrik dengan lampu sein. Tampilan semakin elegan dengan sentuhan velg alloy 15 inchi. Sedangkan desain tripmeter dan indikator transmisi sengaja dibuat mewah dan sporty. Kenyamanan dan keselamatan terasa sangat lengkap, dengan adanya AC double blower pada baris kedua, dan sabuk pengaman pada seluruh kursi.
 
Jantung pacu Avanza Veloz berasal mesin 1.495 cc, empat silinder, 16 V, DOHC VVT-i. Mesin ini mempunyai daya maksimum 104ps/6.000 rpm dengan torsi maksimal 13,9 kg-m ada 4.400 rpm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis 4-speed.
 
Soal pengeremannya, Veloz sudah dilengkapi dengan sistem rem ABS (Anti-Lock Breaking System) dan electronic brakeforce distribution (EBD). Tentunya ini menjadikan Veloz semakin sempurna sebagai mobil keluarga dengan daya jelajah yang andal dan tangguh. (art)

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor
Perfect Days

Deretan Film Internasional Ini Resmi Tayang di Indonesia, Ada Peraih Penghargaan Bergengsi

 Bagi para pecinta film di Tanah Air bersiaplah, karena saat ini deretan film-film mancanegara akan tayang dan bisa ditonton secara resmi di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024