Menagih Janji Ketangguhan All New Avanza

Test Drive All New Avanza
Sumber :
  • Sandi Adam/ VIVAnews.com

VIVAnews - Memasuki etape kedua uji mengendarai atau test drive All New Avanza di Sumatera Barat, ketangguhan MPV tujuh penumpang ini masih saja terlihat. Kali ini, VIVAnews.com mendapatkan kesempatan untuk menjajal Avanza G 1.300 cc bertransmisi manual.

Keberangkatan dimulai dari sebuah landmark kota Bukit Tinggi, jam Gadang. Jam peningggalan zaman Belanda ini menjadi simbol titik awal dimulainya kembali penjelajahan mobil si perantau.

Sebelum dilakukan perjalanan menuju Minangkabau Village, sejumlah jurnalis diberikan kesempatan untuk berfoto dengan All New Avanza dan berlatar belakang jam Gadang. Tak jarang kegiatan ini mengundang perhatian warga Bukti Tinggi terhadap sosok generasi terbaru Avanza ini.

Perjalanan pun dimulai menuju Minangkabau Village, Padang Panjang. Kali ini beberapa lintasan terjal dan tikungan tajam sudah terhampar dan menanti untuk dilewati. Wajah All New Avanza G 1.300 cc manual memang berbeda dari All New Avanza Veloz yang digunakan VIVAnews.com saat uji coba pada etape pertama.

Perbedaan itu bisa terlihat pada warna dashboard. All New Avanza Veloz otomatis mengadopsi satu warna abu-abu, sedangkan All New Avanza G 1.300 cc manual terhias dua warna hitam dan krem.

Beralih ke sistem audio, jika Veloz tersemat 2 DIN audio sistem yang tersambung dengan 6 speaker, All New Avanza G 1.300 cc manual hanya 1 Din MP3 yang terintegrasi 4 speaker.

Selain itu, All New Avanza G 1.300 cc manual tidak tersedia pengatur volume suara yang tersemat di kemudi stir. Berbeda dengan versi Veloz yang sudah dilengkapi fitur tersebut, sehingga lebih memuaskan penggunanya.

Sisi perbedaan juga terjadi pada meter with digital trip meter. Jika Veloz tersedia informasi konsumsi BBM, Avanza G 1.300 cc tidak tersedia informasi tersebut.

Namun, generasi terbaru Avanza tipe G 1.300 cc sudah dilengkapi tilt steering, sensor parking, dan Electric Power Steering (EPS) seperti Veloz.  Desain speedometer juga dibuat lebih mewah dengan kombinasi warna merah.

Avanza tipe G 1.300 cc ternyata tak kalah sempurna dengan Veloz untuk melahap jalanan menanjak, menurun, berliku, dan berlubang sekalipun. Toyota juga berhasil menjawab beragam keluhan konsumen Avanza lawas tentang kenyamanan suspensi.

Itu dibuktikan saat menemui jalanan bergelombang dan rusak. Kenyamanan sama sekali tidak terganggu, bahkan terasa santai ketika melibas trek tersebut. Ini semua berkat adanya pembaharuan suspensi dan sektor kaki-kaki.

Ada setingan anyar di suspensi depan. Meski masih dengan sistem Macpherson strut dan di belakang dengan 4 link lateral, Avanza lebih stabil serta nyaman.

Sedangkan mesin 1.300 cc dikawinkan dengan transmisi 5 kecepatan yang bisa melontarkan 92 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 11,9 kgm pada 4.400 RPM. Meski mesin ini masih responsif di tanjakan, sedikit adanya sendatan ketika berada di gear 1 dengan RPM rendah.

Tidak terasa rombongan tiba di Minangkabau Village. All New Avanza langsung terparkir di depan rumah kebanggaan masyarakat Minang, yakni rumah Gadang. Tentunya ini menyiratkan makna akan keluasan kapasitas kabin Avanza terbaru ketimbang generasi sebelumnya.

Baris kedua mobil ini terasa lapang meski diisi dengan tiga penumpang. Masih ada ruang untuk kaki penumpang dengan posisi jok yang juga tidak terlalu tegak. Jok baris kedua juga bisa dimajumundurkan, ini membuat penumpang di baris ketiga tidak terlalu sempit.

Setelah puas menikmati keindahan rumah Gadang sambil menyantap makanan terpopuler di Padang Panjang, Sate Mak Syukur, rombongan peserta akan kembali melanjutkan perjalanan ke kota Padang, tepatnya rumah makan Christine Hakim.

Keletihan perjalanan selama dua jam terbayar tuntas, setelah disuguhkan kelezatan makanan khas Padang buatan Christine Hakim, yang tersohor sebagai pendiri keripik balado di Padang.

Tak ketinggalan Christine Hakim sedikit memberikan cerita penjalanannya untuk membangun usahanya. Ibu tiga anak itu menegaskan impian akan terwujud jika disertai dengan bekerja dan pantang menyerah.

Pesan itu menjadi satu dengan apa yang menjadi tagline dari All New Avanza yakni satu untuk sejuta impian. "Mobil memang menjadi impian bagi masyarakat Sumatera Barat, khusus mereka yang merantau. Mobil menjadi wujud raihan impian kesuksesan bagi setiap orang yang memulai dari awal, seperti saya," kata Christine Hakim saat berbincang dengan VIVAnews.com.

Impian itu semakin lengkap berkat kesempurnaan All New Avanza sebagai mobil keluarga dengan daya jelajah yang andal dan tangguh. (art)

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel
Ilustrasi cadangan devisa, utang luar negeri, modal asing, dan devisa hasil ekspor.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

Bank Indonesia (BI) mencatat, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2024 sebesar US$407,3 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan US$1,6 miliar dari Januari 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024