Toyota Bantu BMW Kembangkan Baterai Listrik

Logo BMW
Sumber :
  • business.rediff.com

VIVAnews - Hubungan BMW dan Toyota tampaknya semakin dekat. Jika BMW sebelumnya memberikan teknologi mesin diesel untuk Toyota. Kini, Toyota mengembangkan baterai lithium ion untuk mobil listrik BMW.

Kerjasama antara kedua perusahaan mobil raksasa ini dimaksudkan untuk memperingati era 'mobil hijau', di mana BMW belum lama membuat mesin diesel ramah lingkungan. Mesin BMW 1.6L dan 2.0L berbahan bakar mesin diesel efisien siap mereka 'sumbangkan' ke Toyota.

Sebagai imbalannya, Toyota akan membantu BMW mengembangkan baterai lithium ion yang dapat digunakan baik untuk mobil listrik atau hibrida. Di sisi lain, kerjasama antara BMW dan Toyota tampaknya menjadi saingan terhadap 'koalisi' antara Nissan, Renault dan Daimler yang telah dibangun sebelumnya.

Koalisi antara produsen ini dilakukan untuk menghemat biaya pengembangan mesin, mobil dan teknologi yang mahal. Nota kesepahaman atau kerjasama antara BMW dan Toyota baru saja ditandatangani.

Anggota Dewan BMW AG, Dr. Klaus Draeger menjelaskan bahwa, teknologi baterai sangat penting bagi masa depan teknologi hibrida. Menurut dia, siapa pun yang memiliki baterai terbaik dalam hal fungsi, biaya, dan kualitas di dalam kendaraan mereka akan memenangkan pasar.

Pendekatan BMW kepada Toyota dianggap sebagai langkah yang wajar di masa depan, karena BMW berpikir ingin menjaga hibrida dan listrik bermain di pasar.

"Toyota dan BMW Group adalah pasangan yang sempurna. Toyota adalah produsen utama dan berpengalaman dalam volume tinggi segmen. Dan Jepang, tentu saja, adalah negara yang telah membuat mobil hibrida dikenal di seluruh dunia. BMW Group adalah produsen yang paling inovatif dan besar di segmen premium," katanya seperti dilansir Weeklyautomotive.

"Dalam semangat berkontribusi untuk memajukan perkembangan industri otomotif dan masyarakat, kedua perusahaan akan membawa pengetahuan mereka, mulai dengan teknologi ramah lingkungan dan akan membuat mobil lebih baik," kata Presiden Toyota, Akio Toyoda. (eh)

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
Pihak Rusia keluarkan potret pelaku ISIS terorisme di Moskow

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Kelompok teroris ISIS baru saja telah merilis sebuah video teror yang mengancam Rusia dan Presiden Vladimir Putin karena menyiksa para anggotanya saat berada di dalam tah

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024