VIDEO: Mobil Roket Bertenaga Cola & Permen

Mobil roket berbahan bakar cola dan permen
Sumber :
  • Dailymail

VIVAnews - Dua pria asal Buckfied, Amerika Serikat, yakni Stephen Voltz dan Fritz Grobe, berhasil menciptakan mobil roket yang didorong dengan 54 botol Coca-cola Zero dan 324 permen Mentos.

Seperti dilansir Dailymail, Selasa 13 Desember 2011, mobil berpenumpang satu orang yang diberi nama Mark II ini berhasil menempuh jarak 239 kaki atau sekitar 72 meter. Jarak tempuh ini lebih jauh ketimbang saat uji coba pada tahun lalu, yaitu 220 kaki atau sekitar 67 meter. Lihat videonya di sini.

Menurut Voltz, mereka sengaja memasukkan mekanisme piston dan silinder sederhana untuk membuat kendaraan bergerak. Dorongan semakin kencang akibat tekanan gas (karbon dioksida) yang ada di cola. Tekanan gas akan semakin tinggi ketika permen dimasukkan ke dalam cola. Gas kemudian keluar dari roket dan mendorong mobil tersebut.

Serahkan Alat Bukti Tambahan, KPU Yakin Permohonan Anies dan Ganjar Ditolak MK

Kedua pria itu mengatakan tenaga kendaraan ini cukup kuat dan mengimbau agar orang tidak melakukan percobaan seperti ini di rumah.

Uniknya, Voltz dan Grobe bukanlah ilmuwan. Mereka pemain sirkus dan komedian. Voltz awalnya adalah seorang pengacara di Massachusetts, sebelum akhirnya mutuskan menjadi komedian jalanan. Sedangkan Grobe memutuskan meninggalkan Yale--salah satu universitas paling terkemuka di Amerika--di mana ia sempat belajar matematika, dan menjadi pemain sirkus. (kd)

PPP Masih Gamang Tentukan Jadi Oposisi atau Gabung Koalisi Parpol Pemerintah
Gaya Ridwan Kamil mejeng dengan motor jadul

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Ridwan Kamil telah ditugaskan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, untuk maju ke Pilkada Jakarta 2024 sebagai calon gubernur. Menarik, intip koleksi kendaraannya

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024