Mobil Anti Pencuri Milik General Motors

Fitur keamanan di Cadillac Escalade
Sumber :
  • Autoblog

VIVAnews - Cadillac Escalade menjadi mobil yang sangat diminati konsumen, sekaligus juga kendaraan yang paling diincar pencuri di Amerika Serikat. Mengantisipasi itu, Cadillac memutuskan untuk meng-upgrade sistem keamanan kendaraannya.

Berdasarkan data Highway Loss Data Institute di Amerika Serikat, menyebutkan, dari jumlah rata-rata pencurian mobil yang terjadi di Amerika Serikat, Cadillac Escalade enam kali lebih mungkin dicuri. Parahnya lagi, sejak 2002, mobil itu paling sering dipreteli spare part-nya.

Sadar mobilnya menjadi target percuri, General Motors langsung menambah fitur keamanan baru yang sifatnya pasif, namun canggih. Fitur yang dibernama PASS Key 3+, memiliki fungsi sistem enkripsi pada kunci, sebagai kunci silinder dan ignition sistem.

Kinerja fitur ini cukup sederhana. Jika orang lain sengaja menggunakan kunci lain untuk menggerakkan mobil ini, maka mobil dengan otomatis menonaktifkan fuel pump. Alhasil, mobil tidak bisa berjalan.

Namun, jika cara itu masih bisa dikelabui oleh pencuri. General Motors sudah siap dengan fitur lainnya, yakni column-lock system. Fitur ini dipasang pada lingkar kemudi. Pencuri tidak akan bisa membawa mobil ini karena pengaturan kemudi sulit untuk dilakukan.

Fitur keamanan baru lainnya adalah sensor yang terhubung ke alarm (inclination sensor). Fitur ini berfungsi jika ada gerakan mendadak, seperti penarikan atau kendaraan terangkat. Lalu terdapat sensor kejut yang akan bekerja jika terjadi kontak pada kaca dan secara otomatis alarm akan menyala.

Tidak hanya itu, fitur canggih lainnya adalah remote ignition lock. Jika kendaraan ini dicuri, posisi kendaraan dapat terdeteksi dan dapat memperlambat kendaraan dari jarak jauh. Fitur keamanan tambahan lainnya adalah berupa sistem pengunci roda, yang ditujukan untuk mencegah pencurian ban dan velg.

Sayangnya, pihak Cadillac tidak menjelaskan seberapa besar pengaruh perangkat keamanan tambahan tersebut terhadap harga jual Escalade. (Sumber: Autoevolution, Autoblog)

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024