Daihatsu: Xenia Mobil yang Aman

Mobil Xenia Yang Menewaskan Sembilan Orang di Tugu Tani
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Astra Daihatsu Motor sebagai agen tunggal pemegang merek Daihatsu di tanah air, membantah jika Multi Purpose Vehicle (MPV) besutannya, Xenia, dinilai minim fitur keselamatan.

Seperti diketahui, Daihatsu Xenia B 2479 XI yang dikemudikan Afriyani Susanti, 29, menabrak belasan pejalan kaki di depan Gedung Kementerian Perdagangan, Tugu Tani, Jakarta Pusat. Sembilan orang tewas. Empat lainnya luka-luka.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

"Dengan tidak mengenyampingkan para korban kecelakaan tersebut. Kondisi para penumpang di dalam kendaraan Daihatsu Xenia yang baik-baik saja adalah salah satu bukti bahwa Daihatsu Xenia diproduksi dengan baik dan telah melewati proses pengecekan kualitas yang ketat dari PT ADM," demikian bunyi pernyataan pers PT ADM yang diterima VIVAnews.com, Selasa 24 Januari 2012.

ADM menegaskan peranti keamanan dan keselamatan Daihatsu Xenia mulai generasi pertama hingga saat ini telah memenuhi standar Internasional. Sebab, setiap tiga bulan sekali, PT ADM memberikan laporan mengenai kejadian dan perkembangan teknis terakhir seluruh kendaraan yang diproduksi kepada Daihatsu Motor Co selaku prinsipal Daihatsu yang berkedudukan di Jepang.

Tim dari Technical Service PT ADM bersama Polda Metro Jaya juga telah melakukan penyelidikan awal terhadap aspek teknik kendaraan Daihatsu Xenia B 2479 XI. Dari hasil penyelidikan awal, menemukan beberapa komponen yaitu tabung minyak rem, master dan booster rem, kanvas rem, pedal rem, serta cakram rem dalam kondisi yang baik atau tidak masalah.

Sebelumnya, berbagai pihak memang sempat mempertanyakan sistem dan fitur keselamatan dari mobil terpopuler (Avanza-Xenia) di pasar otomotif Indonesia ini. Terutama dalam hal uji tabrak berskala internasional.

Seperti tes uji tabrak internasional Euro NCAP (European New Car Assessment Programme). Dimana setiap mobil biasanya akan dilakukan uji tabrak dari seluruh bagian. Tidak hanya mementingkan keselamatan pengemudi dan penumpang. Tes itu juga memperhatikan bahan dari mobil, apakah mampu memberikan perlindungan bagi pejalan kaki, jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

Kecelakaan tragis juga pernah dialami oleh mobil tipe minibus, yang dibuat di pabrik Astra Daihatsu, Toyota Avanza. Saat itu 'kakak' dari Xenia, yakni Avanza yang dikemudikan pedangdut artis dangdut Saipul Jamil hilang kendali di ruas tol Cipularang, Jawa Barat, Sabtu 3 September 2011. Istri Saipul Jamil, Virginia Anggraeni, tewas seketika dalam kecelakaan tunggal tersebut.

"Mobil ini sudah melewati uji sertifikat dan kelayakan sesuai standar nasional dan internasional. Termasuk uji tabrak, karena mobil ini juga kita ekspor, bukan hanya untuk pasar dalam negeri saja," kata Head Domestic Marketing Divison ADM, Rio Sanggau saat berbincang dengan VIVAnews.com.

Menurut Rio, mobil Xenia tipe 1.3 Xi (versi standar) yang dikemudikan Afriyani selalu rutin dalam service pemeliharan berkala. "Kita cek kartu servicenya, mobil ini selalu rutin diperiksa di bengkel ADM," kata dia.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Sekedar diketahui, mobil Xenia tipe 1.3 Xi belum dilengkapi fitur pengereman ABS (antilock break system).

Petugas security KAI Bandara Medan saat mengembalikan uang ditemukan kepada pemiliknya.(istimewa/VIVA)

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Pemilik uang mengucapkan terima kasih atas kejujuran petugas security KAI Bandara Medan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024