Sedan Tak Laku, Ford Justru Jualan

Managing Director Ford; Bagus Susanto
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menurunnya penjualan mobil tipe sedan di pasar mobil Indonesia dalam beberapa tahun terakhir tidak menyurutkan Ford Motor Indonesia untuk meluncurkan All New Fiesta versi sedan.

Seperti diketahui, dalam dua tahun terakhir penjualan mobil sedan di Indonesia turun hingga 20 persen. Berdasarkan data dari lembaga riset dan analisis internasional Frost & Sullivan, pada 2010 penjualan mobil sedan mencapai 33.128 unit. Sementara itu, pada 2011, angka itu turun 19,4 persen menjadi 26.712 unit.

"Memang tidak dapat dipungkiri, penjualan mobil tipe sedan dalam beberapa tahun terakhir trennya tidak positif. Tapi, itu bukan karena tipenya tidak disukai, melainkan harganya yang cukup mahal," kata Managing Director PT Ford Motor Indonesia, Bagus Susanto, saat berkunjung ke kantor redaksi VIVAnews.com, di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan, Jumat sore, 27 Januari 2012.

Menurut dia, harga mobil tipe sedan menjadi mahal di Indonesia, karena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) lebih mahal ketimbang mobil lainnya seperti SUV (Sport Utility Vehicle) dan hatchback. "Peraturan pemerintah soal PPnBM berdasarkan pada body style dan kapasitas mesin. Jadi, itu yang membuat penjualannya sedan tidak setinggi tipe mobil lainnya," papar Bagus.

Namun, dia menjelaskan, keputusan Ford untuk tetap merilis All New Fiesta versi sedan adalah bentuk upaya Ford, agar bisa memenuhi kebutuhan konsumennya di Indonesia. "Kami banyak permintaan dari konsumen yang ingin agar Fiesta dibuat versi sedan. Karena tipe mobil sedan terbilang lebih dewasa dan elegan, ketimbang hatchback yang lebih menyasar anak muda," jelasnya.

Ia menambahkan, strategi Ford ke depan memang ingin melengkapi semua line up dari setiap produk yang ada. Mulai dari sedan, pickup, dan SUV (Sport Utility Vehicle). "Kami juga telah menyiapkan produk baru di kelas mini SUV, yakni Ford Ecosport," imbuhnya.

Mooryati Soedibyo Meninggal di Usia 96 Tahun, Tantowi Yahya: Saya Bersaksi Ibu Orang Baik

All New Ford Fiesta sedan, secara keseluruhan memiliki kemiripan dengan Fiesta hatchback. Mobil yang mengandalkan mesin berkapasitas 1.400 cc dan 1.600 cc ini, sempat dipamerkan di salah satu dealer resminya FMI di kawasan Tangerang.

Seperti diketahui, total penjualan Ford sepanjang 2011 mencapai 15.988 unit. All New Ford Fiesta menjadi penyumbang terbesar penjualan Ford Motor Indonesia. Mobil jenis hatchback ini mampu terjual sebanyak 7.005 unit.

Sementara itu, penyumbang terbesar kedua adalah Ford Ranger. Penjualan ritel mobil ini melonjak 28 persen dibandingkan sebelumnya menjadi 6.881 unit. (art)

Codeblu

Ditanya Soal Kebencian Chef Arnold, Begini Jawaban Codeblu

Codeblu sudah mendengar tentang bagaimana kesalnya Chef Arnold kepada dirinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024