Yamaha Luncurkan Skutik Berteknologi MotorGP

Yamaha Mio J
Sumber :
  • yamaha-motor.co.id

VIVAnews - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) semakin yakin untuk menguasai pasar skutik Indonesia di tahun ini. Setelah Mio Fino, kini mereka kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan skutik injeksi pertamanya, Mio J.

Butuh waktu dua tahun bagi produsen berlambang garpu tala untuk mengembangkan teknologi YMJET-FI di Mio J.  Sebab, teknologi di skutik ini lebih sulit dibanding mengembangkan Yamaha R1 atau R6.

"Teknologi yang ada di Mio J diadopsi dari MotoGP. Jadi, lebih rumit dan sulit," kata Vice President Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Idefumi Seto saat peluncuran Mio J di Bandung, Sabtu malam 25 Februari 2012.

Teknologi mesin injeksi YMJET-FI baru sangat menguntungkan bagi konsumen, karena motor semakin irit namun tetap kencang. Mio J mampu menampilkan performa tinggi dengan konsumsi BBM lebih irit 30 persen.

Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM),  M. Abidin, mengungkapkan, putaran bawah Mio J dibuat lebih responsif dan soft sehingga tidak perlu membetot gas terlalu dalam untuk menghasilkan putaran mesin yang bertenaga.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

"Cukup setengah saja, Mio J dapat ngacir secara baik," kata Abidin pada kesempatan yang sama.

Selain sistem suplai bahan bakar yang menggunakan YMJET-FI, masih ada teknologi lain yang diaplikasi di Mio J seperti Diasil Cylinder dan Forged Piston, yang menjadikan jantung Mio J lebih handal, awet, dan tahan lama.

Menurut Abidin, para tenaga ahli Yamaha mengaplikasi 'Low Friction Engine Technology, artinya struktur mesin MIO J memiliki daya gesek yang rendah, akibatnya efek panas pada mesin menjadi lebih rendah sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

"Ini disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik. Hal ini diaplikasi pada bagian Cam Shaft (ditambahkan bearing khusus) dan Cranksaft Assy, sehingga putarannya lebih lembut dan efek panasnya sangat rendah," ujar Abidin.

Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi juga dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat. Baca juga Konsumsi BBM Mio J Bisa Tembus 70 Km/Liter di tautan ini.

Teknologi YMJET-F1 nantinya akan diterapkan pada model-model skutik Yamaha lainnya. Teknologi ini menjadi jawaban kesiapan Yamaha memasuki era Euro-3.

Mio J mengusung mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
 
Mio J memiliki ruang bagasi cukup luas dengan daya tampung 8 liter. Bagasi ini bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil. Selain itu daya tampung tangki BBM juga lebih banyak yaitu 4,8 liter.
 
Mio J-FI dibanderol seharga Rp11.990.000, Mio J CW-FI harganya Rp12.800.000, Mio J-CW Teen FI seharga Rp12.930.000. Harga tersebut on the road Jakarta dan sekitarnya. Yamaha menargetkan penjualan Mio J sebanyak 25-50 ribu unit per bulan. (adi)

Festival balon udara digelar di Pekalongan dan Wonosobo Jawa Tengah

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

AirNav telah mengeluarkan Notif atau NOTAM kepada pilot untuk waspadai munculnya balon udara yang diterbangkan secara liar di ketinggian 8.000 hingga 9.000 kaki.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024