- Dokumentasi KIA Mobil Indonesia
VIVAnews - Di tengah dominasi pabrikan mobil asal Jepang, KIA terbilang cukup sukses untuk bisa mengimbangi. Pada semester pertama tahun ini, KIA Mobil Indonesia (KMI) bahkan memperbaiki posisi menjadi peringkat 9 dari 10 tahun lalu.
Hingga semester I-2012, KMI berhasil menjual sebanyak 7.060 unit, atau meningkat sebesar 195 persen dari semester satu tahun lalu.
Picanto masih menjadi andalan KMI. Mobil lima penumpang ini memberikan kontribusi sebesar 15 persen (4.043 unit) dan mencatat 20 persen dari market share city car. Kemudian, disusul Rio pada urutan kedua yang memberikan kontribusi sebesar 24 persen (1.708 unit) dengan market share 5 persen.
Terakhir adalah Sportage pada urutan ketiga sebesar 12 persen (866 unit) dengan market share 8 persen di kelasnya. "Dunia otomotif di Indonesia tumbuh cukup berarti. Diperkirakan akhir tahun ini angkanya tembus 1 juta unit mobil. Adanya tiga produk baru KIA (All New Picanto, All New Rio, dan All New Sportage) cukup berhasil mendongkrak penjualan kami," kata Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia, Hartanto Sukmono, di Jakarta, Kamis 9 Agustus 2012.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga Juni 2012, total industri otomotif mencatat penjualan sebanyak 535.263 unit. Dengan pencapaian tersebut, maka kalangan pelaku industri optimistis total penjualan pada 2012 bisa mencapat 1.050.000 unit atau meningkat 18 persen dibanding 2011, yang mencapai 894.164 unit. (art)