Duet Maut Mobil Rp100 Jutaan Toyota-Daihatsu

Toyota Aygo
Sumber :
  • Wikipedia

VIVAnews - Kolaborasi Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) menggarap mobil low MPV, Avanza dan Xenia terbilang cukup sukses di pasar mobil Tanah Air. Keduanya pun berhasil menyandang predikat mobil terlaris saat ini.

Tak ingin berhenti dan ingin terus mengulang keberhasilan, keduanya kini dikabarkan bakal berkolaborasi lagi membuat mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC) di Indonesia.

"Rencananya mobil ini akan lebih dulu dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, September mendatang," kata seorang sumber VIVAnews di Astra Daihatsu Motor (ADM).

Nantinya mobil ini diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) dan dipasok ke Toyota. Seperti halnya duet maut Xenia-Avanza dan Terios-Rush.

Jika regulasi program LCGC dari pemerintah keluar, mobil hasil kolaborasi keduanya nanti akan menjembatani konsumen di Tanah Air yang masih merasa kemahalan untuk membeli mobil Avanza-Xenia. Pasalnya, harga mobil murah ini berkisar Rp100 jutaan.

Sebelumnya, Toyota Astra Motor (TAM) telah buka suara soal rencana mempersiapkan mobil murah di Indonesia. Meski mereka belum mau membeberkan secara detail.

"Mobil Rp100 jutaan, tunggu tanggal mainnya saja. Kita tinggal nunggu peraturan dari pemerintah. Kalau peraturannya sudah dikeluarkan, baru kami (Toyota) siap mengeluarkannya. Proyek ini, kami memang berkolaborasi dengan Daihatsu," kata Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan beberapa waktu lalu.

Ketika ditanya kolaborasi itu akan memproduksi mobil murah seperti apa, Johnny belum mau berkomentar lebih banyak.

Belakangan spekulasi muncul kalau mobil itu adalah Aygo, city car bermesin 1.000 cc yang telah dipasarkan di Jepang. Mobil kompak yang kelak diberi nama Agia jika sudah dipasarkan di Tanah Air ini miliki kapasitas 5 penumpang.

Kehadiran mobil murah Toyota-Daihatsu sebenarnya tinggal menunggu keluarnya regulasi program pemerintah soal mobil murah dan ramah lingkungan Low Cost and Green Car (LCGC).

Namun belakangan, fokus pemerintah justru terbelah dan melirik teknologi lain untuk dikembangkan ke Indonesia, yakni mobil hibrida dan listrik.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024