Mobil Ini Diuji Tabrak 12.000 Kali

All-New Ford Focus Akan Diluncurkan Tahun Ini
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Ford, ingin memastikan produk terbarunya, All New Focus memenuhi standar keamanan internasional. Mobil ini bahkan diklaim telah diuji tabrak hingga 12.000 kali.

Teknisi keselamatan Ford di AS dan Jerman telah melakukan pengujian benturan pada All New Ford Focus hingga lebih dari 12.000 kali. Pengujian dilakukan di dunia nyata dan virtual untuk membuktikan teknologi baru inovatif yang dirancang guna melindungi penumpang dalam kecelakaan.

Focus melewati serangkaian pengujian komprehensif melalui simulasi komputer kendaraan lengkap dan penumpang. Simulasi ini telah menjadi begitu realistis, sehingga sejumlah uji benturan kendaraan fisik telah berkurang secara signifikan.

"Mengembangkan Focus untuk memenuhi standar keselamatan global telah menghasilkan peningkatan kinerja terhadap kecelakaan dan membantu melindungi pengguna dalam kecelakaan," kata Matt Niesluchowski, Focus Safety Manager Ford, Kamis 10 Januari 2013.

Menurut Matt, tim keselamatan Ford mendapatkan awal yang baik dalam bekerja sama di seluruh dunia. "Ini memastikan Focus baru memenuhi atau melebihi serangkaian peraturan keselamatan global yang kompleks," tambahnya.

Ribuan simulasi dan benturan pada computer aided engineering (CAE) memungkinkan teknisi untuk menguji ratusan desain. Uji benturan fisik, dilakukan setelah serangkaian simulasi virtual, memverifikasi, dan memvalidasi simulasi komputer untuk memastikan setiap kebutuhan internal serta eksternal terpenuhi.

"Kami menggunakan lebih banyak simulasi komputer dari sebelumnya, untuk mengoptimalkan desain dari semua komponen yang membentuk sebuah kendaraan guna membantu meningkatkan keselamatan," kata Matt.

"Kompleksitas uji benturan, dengan interaksi ratusan bagian dan sistem, masih memerlukan pengujian fisik untuk memvalidasi hasil simulasi tersebut," ujarnya.

Sistem keamanan Focus mencakup serangkaian inovasi keselamatan baru, seperti airbag pengendara generasi baru dengan peningkatan teknologi perlindungan dada.

Airbag baru menggunakan sistem curve-shaped tether yang telah direkonfigurasi, sehingga menarik bagian bawah untuk menciptakan “poket” yang membantu mengurangi benturan airbag pada dada dan rusuk pengendara saat terjadi tabrakan dari depan.

Selain airbag baru, struktur kendaraan Focus baru menyediakan peningkatan perlindungan benturan dengan penguatan pilar B, bagian struktural utama dari baja berkekuatan sangat tinggi yang diproduksi menggunakan proses 'tailor rolling' yang inovatif.

Proses ini memungkinkan variasi ketebalan pelat baja, sehingga komponen memiliki peningkatan kekuatan di bagian yang mendapatkan beban terbesar.

Baja berkekuatan tinggi mencakup 55 persen dari kerangka bodi Focus. Bahan canggih ini membantu struktur memenuhi peraturan tabrakan di seluruh pasar dunia, sekaligus meminimalkan bobot kendaraan untuk membantu memaksimalkan penghematan bahan bakar. (art)

Kisah Pilu Kakak Adik Korban Kecelakaan Tol Cikampek hingga Gran Max Maut Sudah 4 Kali Pindah Tangan
Marble Cake

Resep Marble Cake Anti Gagal Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Buat Sajian Lebaran

sajian Marble Cake ini telah menjadi bagian tak terpisahkan pada saat momentum Lebaran yang dapat dinikmati bersama keluarga ataupun disajikan untuk para  tamu

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024