Cara Sederhana Ubah Motor Bebek Jadi Tunggangan Off-Road

Motor trail
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi
VIVA.co.id - Anda merasa bosan karena kemacetan di jalanan kota, ada baiknya untuk mencoba melakukan perjalanan yang berbeda seperti di pedesaan atau perkebunan dengan menggunakan sepeda motor
Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor
 
Untuk melintasi suasana pedesaan, tentunya dibutuhkan motor yang mampu melintasi medan tersebut. Sebab, kondisi jalan yang tidak seperti di perkotaan, sangat cocok untuk menggunakan motor trail.
Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar
 
Menurut Manager ATV, Generator and Instancy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Indra Gumay Putra, untuk melintasi medan bebatuan, tanah atau off-road, tidak harus membeli motor trail, karena motor biasa juga bisa.
Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan
 
"Paling gampang dan sederhana, ganti ban off road atau sering disebut ban pacul," kata Indra kepada VIVAnews, Kamis 28 Maret 2013.
 
Namun, dia menambahkan, harus dilihat juga jarak antara ban dan sepatbor. "Kalau dari awal jaraknya sudah jauh, itu langsung pasang. Motor bebek dan matik, jarak ban dengan sepatbor jauh. Kalau sport sedikit nempel, jadi lebih sulit," ujarnya.
 
Agar lebih nyaman dan enak saat melintas jalur off-road, Indra menjelaskan, akan lebih bagus bila memasangkan velg ukuran lebar seperti ring 19 atau 17.
 
Ia juga mengatakan, jika jarak lebih pendek, sepatbor bisa sedikit disetel agar menjadi lebih tinggi. Hal tersebut mencegah menumpuknya lumpur yang menempel di sepatbor. Akibatnya, ban bisa berhenti dan itu berbahaya.
 
"Jangan juga sekali-sekali sepatbor depan dicopot. Hal itu dapat mengganggu dan kotoran yang menempel diban bisa menghempas mengenai wajah atau menutupi penglihatan. Itu faktor keselamatan juga," ungkapnya.
 
Indra menambahkan, untuk shockbreaker tidak perlu diganti. Namun, jika bisa disetel, hal itu lebih baik. "Kalau bisa disetel dengan posisi paling tinggi dan kekerasannya," tambahnya.
 
Jika Anda memang kurang puas dengan motor trail "dadakan", ada baiknya untuk membeli motor bawaan pabrik. Namun, harganya tidak semurah seperti motor trail "dadakan". 
 
Tapi, tidak jarang, untuk mendapatkan sensasi motor trail yang sesuai keinginan, dapat merakit sendiri dengan spek yang mumpuni. Namun, tentu itu akan jauh lebih mahal. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya