Sirkuit Ebisu, Surganya Pecinta Olahraga Drifting

Komplek sirkuit Ebisu di Prefektur Fukushima, Jepang
Sumber :
  • Clubhondaspirit

VIVanews - Negara Jepang terkenal dengan kuatnya adat istiadat yang diterapkan secara turun temurun. Namun, di balik sikap sopan dan teraturnya, ternyata masyarakat Jepang menyimpan gelora yang besar akan olahraga balap.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Dilansir dari situs Car Throttle, Senin 15 Desember 2014, hal ini terbukti dari banyaknya sirkuit balap yang didirikan di negara ini. Salah satu yang terkenal adalah komplek sirkuit Ebisu yang terletak di prefektur Fukushima.

Di komplek ini, ada tujuh jenis sirkuit yang sebagian besar digunakan untuk balap jenis drifting. Nama sirkuit-sirkuit tersebut adalah Nishi di sisi barat, Kita di sisi utara, Higashi di timur, Minami di bagian selatan, Drift Land, The Touge (jalur memotong gunung), dan 'KuruKuru Land'.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

Setiap minggu selalu ada kegiatan di komplek ini, mulai dari balap drag race di lintasan Higashi yang memiliki panjang 402 meter hingga Minami yang digunakan untuk kejuaraan balap drifting.

Komplek ini dimiliki oleh Nobushige Kumakubo, seorang pembalap drift yang dikenal sebagai salah satu pendiri olahraga ini. Ia kebetulan dari kalangan berada, di mana keluarganya memiliki lahan yang luas di prefektur Fukushima. Sebagian area inilah yang ia jadikan komplek sirkuit Ebisu.

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Setiap empat kali dalam setahun diadakan ajang balap drift di tempat ini, sesuai dengan musim yang ada saat itu. Peserta yang datang tidak hanya dari Fukushima saja, tetapi juga dari seluruh wilayah di Jepang. Bahkan, ada beberapa peserta yang datang dari benua lain seperti Amerika dan Eropa.

Uniknya, rata-rata mobil yang digunakan oleh para pembalap di sirkuit Ebisu kondisi bodinya tidak utuh lagi. Rupanya hal yang penting bagi mereka adalah bersenang-senang, tanpa peduli dengan bodi mobil yang penyok dan kaca hancur akibat bersenggolan.

Di tempat ini juga tersedia sekolah khusus untuk mereka yang ingin belajar bagaimana caranya balapan drift yang baik dan benar.

Anda bisa menyaksikan cuplikan aksi para drifter di ajang Ebisu Autumn Drift Matsuri melalui video di bawah ini:

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya