Mengemudi Nyaman dengan 4 Aplikasi Ponsel Ini

Aplikasi iOnRoad untuk iOS dan Android
Sumber :
  • Dok: iOnRoad

VIVAnews - Mobil-mobil keluaran terbaru mulai banyak yang menggunakan teknologi canggih untuk membantu pengemudi memantau situasi lalu lintas dan menjaga agar kendaraan berada dalam jarak yang aman dengan mobil di depannya.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Namun, bagaimana bila Anda memutuskan untuk tetap mengemudikan mobil lama, tapi ingin juga merasakan kemudahan tersebut?

Dilansir dari situs Carthrottle, Selasa 23 Desember 2014, kini Anda bisa tetap nyaman berkendara berkat empat aplikasi yang khusus dibuat untuk smartphone. Teknologi pada ponsel zaman sekarang memang memungkinkan untuk melakukan beberapa hal yang ditawarkan oleh perangkat elektronik di dalam mobil.

Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Beberapa fitur yang bisa digunakan ponsel untuk membantu pengendara di antaranya adalah memantau posisi melalui Global Positioning System atau GPS, mengingatkan di mana memarkir mobil dan yang terbaru yaitu mengawasi kondisi jalan yang ada di depan.

Empat aplikasi ini dibuat khusus untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi iOS dan Android. Berikut daftarnya:

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

iOnRoad

Aplikasi yang bisa diunduh melalui ponsel iPhone dan Android ini digunakan saat ponsel diletakkan di car holder yang terpasang di kaca depan. Dengan menggunakan kamera ponsel, aplikasi ini akan memantau mobil yang ada di depan. Bila terlalu dekat, iOnRoad akan membunyikan alarm untuk mengingatkan pengendara.

Selain itu, sistem akan memberi peringatan bila mobil berada terlalu dekat dengan sisi jalan. Pengemudi dapat memantau kecepatan mobil serta arah mata angin melalui tampilan di layar.

Cobra JoyRide

Aplikasi ini akan berfungsi maksimal bila dihubungkan dengan charger khusus buatan Cobra JoyRide. Saat ponsel dihubungkan ke charger, maka aplikasi akan otomatis terbuka dan tampilan layar menjadi lebih sederhana.

Pengemudi bisa memilih aplikasi apa yang ingin dijalankan melalui tombol di charger. Selain navigasi dan musik, aplikasi ini juga mendukung fitur pengingat tempat parkir.

Aplikasi Dash Cam

Banyak pengendara mobil di luar negeri yang mulai memasang kamera khusus di kaca depan untuk merekam peristiwa menarik yang mungkin terjadi saat mereka tengah berkendara.

Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas perekam video yang ada di ponsel untuk kegiatan ini. Cukup unduh salah satu aplikasi yang banyak tersedia di dunia maya, maka Anda bisa mulai merekam kejadian di sekitar tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli kamera video.

Beberapa aplikasi yang cukup menarik untuk diunduh di antaranya TripREC, Daily Roads Voyager, dan AutoBoy Dash Cam.

Google Waze

Aplikasi Waze adalah sebuah peta interaktif, di mana penggunanya bisa saling memberi informasi mengenai peristiwa penting yang sedang terjadi di jalan, seperti macet, mobil mogok, kebakaran, dan lain sebagainya.

Selain itu, Waze bisa memberi tahu waktu tempuh menuju tujuan Anda, rute alternatif bila terjebak kemacetan dan saling berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui fasilitas chat.

(art)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya