Unik, Mobil Ramah Lingkungan Jadi Santapan Tupai

Ilustrasi Tupai
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Seorang pria asal Inggris menuntut produsen mobil, karena kendaraanya digerogoti tupai. Melansir laman Daily Mail, 28 Januari 2015, Tony Steeles heran karena mobil baru berjenis Toyota Aygo yang dia parkir di halaman rumahnya kerap mengalami masalah.

Tidak hanya itu, dia juga menemukan bekas gigitan binatang di bagian tertentu kendaraannya.

“Hanya beberapa hari, setelah mobil tersebut dikirim ke rumah, saya menemukan banyak bekas gigitan, seperti gigitan tupai,” katanya kepada majalah otomotif Auto Express.

Dia mengungkapkan, beberapa bagian mobilnya, seperti kap mobil, sensor oksigen, serta karet pelapis di mobilnya habis digigiti.

“Mobil tersebut harus diperbaiki. Sudah lima kali masuk bengkel,” ujarnya berang.

Anehnya, tidak ada mobil lain di lingkungan rumahnya di Croydon, London Selatan, yang mengalami masalah serupa. Untuk itu, Steeles mulai mempertanyakan apa yang salah dengan mobilnya.

Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun

Setelah ditelusuri, Steeles mengetahui Aygo miliknya ternyata dibuat menggunakan material plastik ramah lingkungan.

Toyota Aygo memang mobil ramah lingkungan. Bukan hanya irit bahan bakar, material kendaraan berjenis mini SUV itu juga diambil dari bahan-bahan alami. Perusahaan otomotif asal Jepang itu menggunakan material berbahan dasar tumbuhan untuk memproduksi bantalan pintu, jok mobil, penutup roda, serta karet pelapis.

Ada pun material yang digunakan, termasuk tanaman jarak yang memang digemari tupai.

Toyota bukan hanya satu-satunya produsen otomotif yang menggunakan bahan berbasis tanaman untuk mobil. Tahun lalu, Ford mengumumkan bahwa mereka berkolaborasi dengan perusahaan saos tomat Heinz untuk mengembangkan plastik berbahan dasar tomat kering untuk mobil. Sementara itu, Lotus tengah bereksperimen membuat panel bodi mobil dari serat rami.

Kendati demikian, diler Toyota tempat Steeler membeli mobil tersebut, Jemca Croydon, menyatakan tidak ada keterkaitan antara material ramah lingkungan dan serangan tupai. Namun, Jemca Croydon tetap membayar biaya perbaikan mobil Steeler, termasuk juga mengganti bagian-bagian yang rusak karena gigitan.

Akhirnya, bosan dengan perbaikan yang harus terus dia lakukan, Steeler setuju menukar mobilnya dengan jenis lain. Jemca Croydon pun mengirimkan Toyota Yaris ke rumah Steeler.

Diwawancara terpisah, pihak Toyota menyatakan komplain Steeler adalah hal yang luar biasa.

“Komplain Tony Steeler memang tidak biasa, namun kami senang ada komplain mengenai hal ini di Inggris, sehingga kami bisa menginvestasi lebih lanjut dan memperbaiki kesalahan yang mungkin kami lakukan,” papar juru bicara Toyota.

Kembali pada Steeler, dia mengatakan tidak ingin mengambil risiko dengan Yaris baru miliknya. Dia kini menyimpan mobilnya di garasi.  (asp)

Baca juga:

Kolektor Ditolak Beli LaFerrari Edisi Terbatas





Begini Jadinya Jika Mobil Van Angkut Sapi
Mobil konsep Bugatti

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Ada Bugatti Chiron dan Vision Gran Turismo di garasi rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016