Klakson Ini Bikin Nenek-Nenek Jantungan

Klakson SoundBomb untuk sepeda motor berkekuatan 120 desibel
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Satu hal yang kerap membuat geram para pengendara motor adalah mobil, atau angkot yang suka memotong jalan seenaknya, tanpa memerhatikan situasi lalu lintas di sekitar mereka.

Rompi Ini Bisa Lindungi Pengendara Motor Saat Jatuh

Selain itu, pejalan kaki juga kerap menyeberang jalan secara tiba-tiba, membuat pengendara harus melakukan pengereman mendadak, yang terkadang bisa berakibat fatal.

Satu hal yang bisa pengguna motor lakukan adalah membunyikan klakson saat ada kendaraan, atau pejalan kaki yang tiba-tiba memotong jalan. Namun, hal ini terkadang tidak berguna, karena suara klakson standar kurang galak dan kalah nyaring dengan suara kenalpot, serta bisingnya lalu lintas.

Cara Baru Dengarkan Musik Saat Kendarai Motor

Itulah yang menjadi alasan perusahaan Denali untuk membuat klakson khusus yang dapat dipasang di sepeda motor. Dilansir dari situs Autoevolution, Kamis 29 Januari 2015, klakson yang diberi nama SoundBomb ini memiliki tingkat kekerasan suara layaknya sebuah bom yang meledak.

Dalam spesifikasi, disebutkan kekuatan suaranya mencapai 120 desibel, paling tinggi di antara semua klakson tambahan yang ada di pasaran. Sebagai pembanding, klakson Nautilus buatan Stebel yang banyak dijual di toko aksesori hanya memiliki tingkat kekerasan suara sebesar 115 desibel saja.

Daftar Aksesori Honda Beat Baru Beserta Harganya

Nyaringnya SoundBomb, setara dengan suara yang dihasilkan speaker saat konser pertunjukkan musik rock. Angka 120 ini, disebut-sebut ambang batas telinga manusia, di mana jika lebih dari itu, gendang telinga mulai terasa sakit.

Pengguna motor yang hendak memasang klakson ini harus terlebih dahulu memasang relay, karena arus listrik yang ditarik cukup besar, mencapai 20 ampere. Di Inggris, SoundBomb dijual dengan harga 33 Pound, atau sekitar Rp626 ribu. (asp)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya