Unik, Mesin Ini Tampil Klasik dengan Aksen Kayu

Mesin mobil yang diberi aksen kayu
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Modifikasi kendaraan sangat identik dengan penampilan mobil yang rapi dan bersih, termasuk kompartemen mesin. Biasanya para modifikator mengganti beberapa komponen mesin dengan yang sudah dilapisi oleh bahan krom, agar bisa terlihat kinclong.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Namun yang dilakukan oleh perusahaan asal Amerika Serikat ini sedikit berbeda. Dilansir dari situs Autoevolution, Kamis, 26 Februari 2015, sebuah rumah modifikasi mobil, Intense Motorsports, mengenalkan teknik baru dalam hal pelapisan komponen kendaraan bermotor.

Berbeda dengan cat semprot atau airbrush, teknik yang dinamakan hydro-dip ini menggunakan air sebagai katalisnya. Desain gambar yang diinginkan terlebih dulu dicetak menggunakan mesin, yang memakai cairan khusus.

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

Setelah gambar yang dibuat dengan tinta khusus itu jadi, kemudian ditempel pada komponen kendaraan. Kemudian komponen tersebut dicelupkan ke dalam air selama beberapa menit. Saat terkena air, tinta khusus itu akan berubah menjadi senyawa yang mirip dengan cat.

Jika proses sudah selesai, komponen kemudian diangkat, dikeringkan, dan diberi pelindung tambahan berupa cat transparan. Jika menginginkan bentuk abstrak, tinta bisa langsung dituang ke dalam air, dimana karena berat jenisnya yang lebih ringan, maka tinta ini akan mengambang, dan tidak tercampur dengan air.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Teknik hydro-dip ini bisa diterapkan pada semua jenis material, mulai dari plastik hingga logam. Dibanding airbrush, cara ini jauh lebih efektif, cepat dan desain gambarnya juga lebiih beragam.

Baca juga:

Otto Hasibuan, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Salah satu tuntutan diajukan dari tim Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, dalam gugatan hasil Pilpres 2024, di Mahkamah Konstitusi atau MK, adalah digelarnya pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024