Teknologi Ini Bisa Hindari Pengemudi Kena Tilang

Pembatas kecepatan pada Ford S-Max
Sumber :
  • Carscoops
VIVA.co.id
Ford PHK Karyawannya di Eropa Agar Berhemat US$200 Juta
- Meski di Indonesia aturan mengenai batas kecepatan masih belum dikelola dengan baik, namun di beberapa negara maju, aturan ini sudah lama berlaku dan ditaati oleh para pengguna jalan.

Pemerintah: Ford Enggak Bisa Seenak Jidatnya

Namun tetap saja ada beberapa orang yang melanggar aturan tersebut. Selain para penggemar kecepatan, mereka yang kedapatan melanggar biasanya datang dari kalangan turis, yang tidak mengetahui adanya aturan itu.

Hal inilah yang mendasari Ford untuk membuat sebuah sistem yang mampu membaca papan batas kecepatan, dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan mobil. Dilansir dari Carscoops, Jumat 27 Maret 2015, teknologi ini mulai diuji coba pada Ford jenis S-Max.

Ford Hengkang dari RI, Ini Komentar Menteri Keuangan

Cara kerjanya cukup sederhana, pengemudi hanya perlu mengaktifkan fitur ini saat berkendara. Saat sensor yang ada di balik kaca depan mendeteksi adanya rambu batas kecepatan, komputer akan membaca angka yang tertera, dan kemudian memerintahkan mesin untuk mengurangi bahan bakar yang masuk ke mesin.

Tidak seperti cara konvensional, yakni dengan menekan pedal rem, membatasi bahan bakar dianggap jauh lebih efektif, halus dan tidak merusak komponen rem. Mobil akan tetap berjalan dengan kecepatan yang sesuai aturan.

Dan jika pengemudi hendak mendahului kendaraan lain, ia hanya perlu menginjak pedal gas, maka sistem pembatas kecepatan akan mati secara otomatis. Dengan fitur ini, pengemudi bisa terhindar dari jebakan polisi yang kadang bersembunyi di titik tertentu demi memberi surat tilang akibat mobil melewati batas kecepatan.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya