VIDEO: AS Kirim Mobil Perang ke Ukraina

Presiden Ukraina jajal mobil Humvee sumbangan AS.
Sumber :
  • Carscoops
VIVA.co.id
Perdana Menteri Ukraina Mengundurkan Diri
- Ketegangan yang terjadi antara Ukraina dan Rusia tampaknya masih jauh dari usai. Menurut kabar yang dilansir dari
Carscoops
AS Ingin Rusia Diberi Sanksi Berlipat
, Senin 30 Maret 2015, Amerika Serikat segera mengirim sejumlah kendaraan perang dan peralatan tempur ke Ukraina, agar bisa menahan gempuran dari Rusia.

Saat ini, sudah ada 10 mobil jenis Humvee yang tiba di Kiev, Ukraina. Rencananya, AS masih akan mengirimkan 220 unit lagi. Mobil yang kerap digunakan di medan perang ini dilengkapi dengan lapisan khusus anti peluru dan senjata serbu.

VIDEO: PM Ukraina Digendong Anggota DPR, Ujungnya Adu Jotos

Bagian bawah mobil juga sudah dipasang material khusus yang mampu menahan ledakan granat dan ranjau. Namun, karena bantuan ini sifatnya berupa kemanusiaan, maka AS melucuti semua senapan yang tadinya terpasang di atap mobil.

Saat tiba di bandar udara Borispol, mobil ini langsung diterima oleh Presiden Ukraina, Petro Poroshenko. Ia juga sempat masuk ke dalam kabin untuk melihat-lihat fitur yang ditawarkan, dan kemudian mengeluarkan satu unit dari pesawat kargo menuju apron.

Selain mobil, AS juga akan mengirimkan sejumlah pesawat pengintai tanpa awak (drone), peralatan komunikasi, teropong yang bisa digunakan malam hari (night vision google), dan radar untuk mendeteksi tembakan artileri.

Diperkirakan, total bantuan tersebut bernilai sekitar US$75 juta, atau setara dengan Rp981 miliar.

Anda dapat melihat videonya di bawah, atau klik tautan ini:

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya