Velg Sepeda Ini Seharga Datsun GO

Velg sepeda Gokiso seharga Datsun Go
Sumber :
  • Autoevolution
VIVA.co.id
Rangkaian Insiden Memalukan di Tour de Singkarak 2016
- Semakin canggih teknologi, maka semakin tinggi pula harga yang harus dibayar untuk bisa menikmatinya. Dan ternyata, selalu ada orang-orang yang rela mengosongkan saku mereka demi menjadi pemilik pertama teknologi ini.

Jalur Sepeda Diresmikan, Nur Mahmudi Tindak Parkir Liar

Dilansir dari Autoevolution, Selasa 31 Maret 2015, sebuah teknologi baru dalam bidang pembuatan velg dihadirkan oleh perusahaan asal Jepang, Kondo Machine. Perusahaan ini memiliki sejarah panjang dalam hal perancangan dan pembuatan desain.

Mereka termasuk salah satu perusahaan yang dipercaya untuk membuat bagian tertentu dari mesin jet Rolls-Royce.

Nasib Nahas Pencuri Sepeda

Selain itu, Kondo dipercaya oleh Toyota untuk membuat mesin cetak yang bisa menghasilkan komponen khusus untuk mobil. Dan kali ini, mereka kembali menghadirkan inovasi baru dalam hal roda kendaraan.

Namun, yang dibuat oleh Kondo bukanlah velg untuk mobil ataupun motor, melainkan sepeda kayuh. Selama enam bulan, perusahaan yang memiliki karyawan sebanyak 30 orang ini berkutat dengan desain baru yang bisa membuat perjalanan dengan sepeda menjadi lebih nyaman.

Produk yang diluncurkan diberi nama Gokiso ini seluruhnya terbuat dari serat karbon, material yang umum ditemukan pada mobil-mobil Formula 1. Untuk menahan dari serangan korosi dan abrasi, velg dilapisi dengan bahan khusus yang diberi nama basalt fiber.

Keunggulan lain velg ini adalah kemampuannya meredam semua guncangan jalan. Bentuknya didesain khusus agar bisa menyerap getaran yang dihasilkan saat sepeda melintas di permukaan yang tidak rata.

Untuk memastikan produknya bisa bertahan dari segala jenis kerusakan, Kondo menguji coba velg dalam berbagai kondisi. Pertama, velg dipasang pada motor listrik dan diputar hingga kecepatan 300 kilometer per jam.

Kemudian, kecepatannya diturunkan menjadi 100 km/jam, namun terus dijalankan 19 jam sehari, selama 100 hari.

Total jarak yang ditempuh kira-kira setara dengan mengitari Bumi dua kali. Tentunya, harga yang ditawarkan untuk kualitas sebagus ini tidaklah murah.

Sepasang velg Gokiso dilepas dengan harga US$7.900, atau setara dengan Rp103 juta. Harga ini setara dengan mobil Datsun Go Hatchback yang dijual di Indonesia. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya