BMW dan Alpinestar Kembangkan Jaket Airbag

Jaket airbag buatan Alpinestar
Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id - Meski teknologi kantung udara sudah lama ada di kendaraan beroda empat, namun mereka yang mengendarai roda dua masih belum bisa menikmati fitur keamanan ini.

Tak Lama Lagi, Airbag Juga Dipasangi di Luar Mobil

Untuk bisa berfungsi maksimal, perangkat kantung udara (airbag) perlu terhubung pada beberapa sensor, yang fungsinya sebagai pendeteksi tabrakan. Inilah yang menyebabkan masih sedikitnya pengendara mau membeli airbag khusus sepeda motor.

Namun kini, seperti yang dilansir dari Jalopnik, Selasa 28 April 2015, tidak lama lagi pengendara bisa membeli jaket yang sudah dilengkapi dengan airbag, tanpa perlu memasang tambahan apapun di motor mereka.

Faktor yang Bikin Airbag Tak Mengembang Saat Tabrakan

Jaket ini adalah hasil kerjasama antara Alpinestar dengan BMW. Alpinestar sendiri memang sudah lama terjun ke dalam bisnis perlengkapan biker, khususnya untuk keperluan balap.

Tidak seperti buatan Dainese yang hanya bisa berfungsi pada motor buatan Ducati atau memasang perangkat khusus, jaket Alpinestar yang belum diketahui namanya ini sudah memiliki sensor yang terintegrasi.

Efek Buat Pengendara Jika Airbag Mobil Mengembang

Saat pengendara jatuh dari motor atau terjadi tabrakan, sensor akan mendeteksi terjadinya tumbukan, dan langsung memerintahkan airbag untuk mengembang. Semua terjadi dalam waktu tidak lebih dari 25 milidetik.

Rencananya Alpinestar akan mulai menjual jaket pada musim panas 2015 ini, namun hingga saat ini belum ada bocoran mengenai harganya.

Rompi yang dilengkapi kantung udara buatan Helite.

Rompi Ini Bisa Lindungi Pengendara Motor Saat Jatuh

Rompi dilengkapi dengan kantung udara.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016