Sirkuit Balap Motor Internasional Akan Dibangun di Jakarta

Ilustrasi balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
DKI Jakarta Mulai Proses Pembangunan Sirkuit Internasional
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjajaki kemungkinan untuk melaksanakan pembangunan sebuah sirkuit balap motor berstandar internasional dengan David Garcia, pengelola sirkuit balap asal negara Spanyol.

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

David, yang memiliki International Circuito de Almeria di kota Almeria, Spanyol, mengunjungi Balai Kota DKI Jakarta, Senin 18 Mei 2015 untuk mematangkan rencana itu.
Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina


Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, David sudah pernah bertemu dengannya. Mantan pebalap ajang Super Bike itu, juga telah beberapa kali bertemu dengan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk merealisasikan rencanya.


Ahok menuturkan, Pemprov DKI pada tahapan ini telah menyetujui dilaksanakannya kerja sama pembangunan itu.


"Kita mau lakukan secara
business to business
. Kita tunjuk Jakpro (PT. Jakarta Propertindo) yang bangun, kerja sama," ujar Ahok usai menerima kunjungan David Garcia di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 18 Mei 2015.


Berdasarkan dokumen rancangan pembangunannya, Ahok mengatakan, anggaran pembangunan sirkuit itu diperkirakan mencapai Rp2 triliun. Ahok belum sampai merinci apakah anggaran pembangunan sirkuit itu akan menggunakan APBD DKI atau APBN.


Yang jelas, Ahok mengatakan, beberapa perusahaan swasta telah menyatakan minatnya untuk ikut membiayai pembangunan melalui mekanisme
corporate social responsibility
(CSR) dan pensponsoran.


"Beberapa pengusaha ada yang ingin sirkuit internasional dibangun di Jakarta," ujar Ahok.


Pembangunan sirkuit internasional, direncanakan untuk rampung pada tahun 2017. Ahok juga masih belum mau membeberkan lokasi sirkuit yang ditargetkan menjadi tempat penyelenggaraan event balap internasional itu.


Namun, meniru konsep pembangunan sirkuit internasional Almeria di Spanyol, Ahok mengatakan, sirkuit kemungkinan akan dibangun di dekat sebuah bandara.


Kawasan sirkuit, akan dibangun terpadu di mana di area sekitarnya direncanakan akan berdiri juga mall dan hotel.


"Kita
pengen
sirkuit yang selain orang duduk dan nonton juga bisa menginap dan belanja di mall dan hotel di dekatnya, makanya kita tunjuk Jakpro yang bangun. Dia kerja sama dengan David Garcia yang sudah punya sirkuit di Spanyol," ujar Ahok.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya