Waspada, Ini 4 Modus Kejahatan di Jalan Raya

Kejahatan jalan raya.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id - Modus kejahatan di jalan raya saat ini beraneka ragam. Terlebih lagi, di jalan raya yang minim pengawasan aparat kepolisian.

Berikut ini beberapa modus kejahatan di jalan raya yang disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Martinus Sitompul, seperti dilansir situs Div Humas Mabes Polri:

1. Modus perampokan atau pencurian dengan menggunakan joki 3-in-1

Jasa joki 3-in-1 cukup populer di Jakarta sejak diberlakukannya aturan 3-in-1. Namun, pengemudi harus selalu waspada, karena akan memasukkan orang asing ke dalam kendaraannya. Terlebih menyewa joki lebih dari satu orang, karena bisa meningkatkan risiko tindakan kejahatan.

2. Menebar paku di jalan raya

Salah satu modus kejahatan yang kini mulai populer adalah dengan menebarkan paku di jalan raya, sehingga kendaraan terpaksa berhenti. Kesempatan ini kemudian akan digunakan para pelaku untuk merampok atau merampas barang-barang berharga pemilik mobil.

Untuk menghindari hal semacam ini, solusinya adalah berhenti di tempat ramai atau bengkel jika ban mobil bocor atau kempis. Lalu, kuncilah mobil saat turun untuk mengecek kondisi ban tersebut.

3. Modus lempar telur pada kaca kendaraan

Melemparkan telur pada kaca depan adalah tindakan yang sangat berbahaya karena bisa mempengaruhi visibilitas mengemudi. Tindak kejahatan dengan modus ini bisa dihindari dengan menyemprotkan air, lalu menyeka dengan wiper.

Jika telur bercampur dengan air, maka akan berubah seperti susu dan lengket di kaca mobil. Kondisi ini tentu bisa memengaruhi penglihatan Anda saat mengemudi. Usahakanlah berhenti di tempat ramai dan kunci pintu mobil saat akan membersihkan telur dari kaca mobil.

4. Modus dengan menabrakkan kendaraan

Pelaku kejahatan bisa nekat dengan menabrakkan kendaraan mereka, lalu meminta Anda turun untuk mengecek kondisi akibat kecelakaan.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Saat Anda turun dari mobil, para pelaku akan memanfaatkan kesempatan dan merampas barang berharga di dalam mobil. Atasi dengan mengunci pintu saat turun dan mencatat pelat nomor kendaraan yang menabrak mobil Anda. (ase)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017