30 Negara dengan Jalan Terbaik, Indonesia Peringkat Berapa?

Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), salah satu jalur yang akan dilalui pemudik.
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Salah satu faktor utama berkembangnya suatu negara bisa dilihat dari kondisi jalan rayanya. Setidaknya, jalan raya dapat menunjang investasi dan majunya geliat ekonomi masyarakatnya.

Baru-baru ini World Economic Forum melakukan survei terkait kondisi jalan di puluhan negara. Survei itu termasuk menilai kualitas aspal di berbagai negara. Lantas, bagaimana Indonesia?

Dilansir Paultan, Selasa 23 Juni 2015, negara dengan kualitas jalan dan aspal terbaik ternyata dimiliki Uni Emirat Arab. Dari skala nilai 1-7 yang dilakukan terhadap survei tersebut, Uni Emirat Arab berhasil mendapatkan angka 6,6.

Di posisi selanjutnya, ditempati Portugal, Austria, Prancis, Belanda, dan Singapura. Negara-negara itu juga berhasil mendapatkan nilai di atas angka 6.

Negara tetangga, Malaysia, masuk dalam 20 besar. Negeri Jiran itu berada di posisi 19, mengalahkan kualitas jalan dan aspal Swedia, Denmark, serta Kanada.

Kendaraan Makin Banyak, Tapi Jalanan Tak Bertambah

Jepang, berada di posisi ke 10 dengan nilai kualitas 5,9. Sementara itu, Amerika Serikat, masuk dalam urutan nomor 16 dengan nilai 5,7.

Dalam survei tersebut, Indonesia tidak termasuk dalam 30 besar negara dengan kualitas jalan baik. Jika melihat fakta di lapangan, sudah sepatutnya. Sebab, kondisi infrastruktur jalan di Tanah Air memang tergolong buruk.

Padahal, hampir setiap tahun pemerintah mengalokasikan anggaran besar untuk perbaikan infrastruktur jalan. Namun, jumlah jalan yang rusak dan masih harus diperbaiki tetap cukup panjang.

Berikut data 30 negara dengan kondisi jalan terbaik di dunia:

wef-road-survey

Ini Penyebab Pemerintah Belum Blokir Aplikasi Transportasi
Ular piton melintas di jalan.

Ular Piton 5,5 Meter Melintas, Jalanan Jadi Macet

Semua orang hanya bisa melihatnya dari jauh.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016