Bikin Mobil Porsche 'KW', Perusahaan Tiongkok Dituntut

Porsche Macan buatan Tiongkok
Sumber :
  • Motorbeam

VIVA.co.id - Porsche benar-benar dibuat geram dengan kebiasaan perusahaan Tiongkok menjiplak produk-produk ternama. Apalagi setelah pabrikan mobil kondang Jerman ini menjadi salah satu korbannya.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Tiongkok memang surganya barang 'KW'. Apa yang tak bisa dikloning di negara dengan penduduk terbesar di dunia itu. Termasuk mobil-mobil merek ternama berhasil diduplikat. Salah satunya mobil buatan Porsche.

Dilansir Motorbeam, Senin, 29 Juni 2015, beberapa mobil merek ternama seperti Land Rover Evoque, BMW X5 dan Porsche Macan telah dibuat kembarannya. Hal itu membuat gerah Porsche dan berencana menggugat perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Di Tiongkok, Porsche Macan memang punya kembaran. Mobil yang dimaksud adalah Zotye T700 SUV. Mobil ini hasil kloning yang dilakukan Zotye Auto, sebuah pabrikan mobil asal Tiongkok.

Ironisnya, justru media-media di Tiongkok yang menggembar-gemborkan model Zotye T700 identik dengan mobil Porsche Macan. Berita ini langsung menjadi topik hangat di Jerman, tempat asal Porsche Macan diproduksi.

Kepala Desain Mobil General Motors Resmi Pensiun

Zotye memang dikenal sangat hobi membuat mobil 'KW' dari merek-merek ternama dunia. Sebelumnya mereka juga berhasil mengkloning Smart ForTwo dan Volkswagen Touareg/Tiguan.

Rencananya Porsche Macan 'KW' ini akan diluncurkan Zotye tahun depan. Namun sebelum benar-benar meluncur, Porsche tampaknya akan berusaha menggagalkannya. Porsche bakal menempuh jalur hukum.

(mus)

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Pemerintah tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016